Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Uji Coba PTM Tiga Sekolah di Kudus Hari Ini Ditunda, Baru Dimulai Besok

Uji coba pembelajaran tatap muka  di SMA 1 Bae Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di tiga sekolah di Kudus ditunda Selasa (6/4/2021) hari ini. Ketiga sekolahan tersebut, yakni SMP 1 Jekulo Kudus, MA NU Banat Kudus, dan MTS Negeri Kudus.

Sedangkan di SMA 1 Bae, dan SMK Wisuda Karya Kudus, sudah mulai menggelar simulasi tatap muka Senin (5/4/2021) hari ini.

Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kudus M Hafidz mengatakan, uji coba PTM di dua madrasah di Kudus akan dimulai besok. Hal tersebut sesuai kesepakatan bersama bahwa uji coba PTM akan dilakukan setelah proses vaksinasi usai.

“Agar tidak mengganggu PTM ataupun vaksinasi guru tahap kedua, kami uji coba PTM kami mulai besok,” katanya.

Menurutnya, awalnya hanya ada MA NU Banat Kudus yang akan menjadi pilot project uji coba PTM. Namun akhirnya MTsN 1 Kudus juga ditunjuk.

“Kemarin ada susulan permintaan dari Kanwil (Kemenag Jateng) tambah satu madrasah di darah zona hijau,  akhirnya kami usulkan MTsN 1 Kudus,” ungkapnya.

Sebelum mengusulkan, pihaknya pun sudah mengecek kesiapan protokol kesehatan di MTsN 1 Kudus. Pihaknya pun menilai MTsN 1 Kudus sudah siap untuk mengikuti uji coba PTM.

“Kami sudah tinjau langsung di MTsN 1 Kudus, semuanya sudah siap untuk uji coba PTM. Guru juga sudah di vaksin tahap pertama, tinggal menunggu proses vaksin kedua,” jelasnya.

Senada, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada, juga menyebut, sekolah di bawah kewenanganya yakni SMP 1 Jekulo juga akan menggelar uji coba tatap muka mulai besok.  Pihaknya juga menunggu proses vaksinasi guru tuntas.

“Kami menunggu proses vaksinasi, pagi tadi guru dan tenaga pendidik SMP 1 Jekulo sudah selesai divaksin. Tadi juga saya meninjau lagi ke sekolahan semua sudah siap. Kalau SMA itu kewenangan dari provinsi,” ungkapnya.

Terpisah, Kasi SMA dan SLB Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah III Haryanto mengatakan, di tingkat SMA/sederajat pihaknya melakukan uji coba  pembelajaran tatap muka serentak se-Jawa Tengah. Menurutnya hal tersebut sudah sesuai ketentuan yakni pelaksaannya tanggal 5 April 2021.

“Vaksinasi tahap pertama sudah dilakukan dan tahap kedua setelah pembelajaran ini. Sesuai perintah dari dinas, PTM SMA atau SMK mulai hari ini, SMA 1 Bae dan SMK Wisuda Karya. Jika ada SMP atau yang lain mau diundur silahkan, sesuai kebijakan,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...