Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

UMK Kembali Wisuda Mahasiswanya dengan Sistem Drive Thru

Wisuda ke-66 drive thru yang dilaksanakan UMK selama dua hari. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) kembali melaksanakan wisuda dengan sistem drive thru selama dua hari Sabtu dan Minggu (3-4/4/2021). Hal tersebut dilakukan mengingat pandemi Covid-19 hingga kini masih belum usai.

Sebanyak 776 mahasiswa sarjana dan pascasarjana mengikuti wisuda ke – 66 tersebut.

Rektor UMK Prof Darsono mengatakan, wisuda menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Sebab, tidak semua orang bisa merasakan pendidikan di bangku kuliah.

“Tetesan keringat orang tua yang membiayai kuliah kini menjadi tetesan air mata syukur dan bahagia, melihat putra-putrinya sudah diwisuda. Tentu saja akan menjadi kebanggan tersendiri bagi orang tua,” katanya, Minggu (4/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Prof Darsono berpesan, wisudawan harus terus mengembangkan diri, terlebih saat ini terjadi percepatan kemajuan dan distrupsi. Sehingga mampu beradaptasi dan memiliki daya juang agar bisa menghidupkan perubahan.

“Tidak sebaliknya, dimatikan oleh perubahan. Yakinlah mahasiwa atau wisudawan mampu melewatinya,” ungkapnya.

Menghadapi perubahan, lanjut dia, tidak hanya mengandalkan literasi lama, membaca, menulis ataupun matematika. Melainkan, harus menambah literasi baru, baik data, kemampuan menganalisis dan menggunakan informasi dalam dunia digital.

Selain itu, literasi teknologi dan literasi manusia harus ditambah. “Seperti menambah kemampuan teknologi, principal, coding, desain, komunikasi, budaya hingga humanities. Hard skil atau sof skil harus berjalan beriringan,” tegasnya.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah VI Prof Muhammad Zaenuri memberikan apresiasi kepada rektor, jajaran serta mahasiswanya yang telah melaksanakan proses pembelajaran hingga tuntas. Wisuda menurutnya menjadi asal untuk menjalani kehidupan yang baru.

“Tentunya hidup baru dengan bekal keilmuan yang sudah diperoleh selama di UMK. Saat ini mahasiswa sedang berdiri di lintu masa depan, tunjukkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...