Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Biar City Walk Kudus Tak Macet, Mulai Pekan Depan Larangan Roda Empat Melintas ke Barat Berlaku 24 Jam

Rambu sosialisasi yang terpasang di Jalan Sunan Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemberlakuan rekayasa lalu lintas terbaru di Kawasan City Walk atau Jalan Sunan Kudus mulai disosialisasikan. Di mana kendaraan roda empat secara total dilarang melintas ke arah barat.

Sebelumnya Jalan Sunan Kudus memang sudah diatur untuk kendaraan roda empat tidak boleh ke arah barat namun dalam waktu tertentu. Dan yang terbaru, peraturan tersebut akan berlaku selama 24 jam.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan, ada sebuah rambu terbaru yang dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus di Perempatan Baagil.

Rambu tersebut tertulis ‘Pemberlakuan perubahan sistem satu arah Jalan Sunan Kudus, kendaraan roda empat dilarang melintas dari arah timur ke barat (24 Jam). Peraturan tersebut akan berlaku mulai Senin (5/4/2021).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, sebelum pemberlakuan pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dulu kepada pengguna jalan. Agar saat pemberlakuan nanti pengguna jalan sudah paham dan tak salah saat mengambil jalur.

Larangan roda empat tersebut berlaku di Jalan Sunan Kudus mulai arah Simpang Tujuh, hingga Perempatan Jember.

“Itu akan berlaku mulai Senin (5/4/2021) besok. Rencana Senin nanti kami juga akan terjun langsung bersama Satlantas Polres Kudus untuk memberikan edukasi langsung kepada masyarakat,” katanya, Sabtu (3/4/2021).

Langkah tersebut diambil lantaran untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan yang timbul di Kawasan City Walk Jalan Sunan Kudus. Selain itu lokasi parkir yang hanya diperbolehkan berada di sebelah selatan juga menjadi pertimbangan.

“Jadi kalau mau parkir nyebrang ke selatan kan lebih enak. Apalagi ini sudah menjadi Kawasan Pedestrian sudah ada PKL yang berjualan, biar tidak macet,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kendaraan roda empat yang akan melintas dari pusat kota menuju ke arah Jepara bisa melalui alternatif lain, yakni Jalan Ahmad Yani dan menuju ke Jalan Mayor Basuno.

“Kemudian ke Jalan Niti Semito dan lanjut ke Jalan HM Subchan. Kendaraan roda empat dari arah PPRK juga tidak boleh ke barat,” ungkapnya.

Pengguna jalan diharapkan bisa memperhatikan dan mematuhi peraturan terbaru itu. Sehingga, kemacetan bisa terurai dan akan lebih nyaman ketika melalui Kawasan City Walk Jalan Sunan Kudus.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...