Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sinau Bareng Cak Nun

Cak Nun: Rasulullah Adalah Ciptaan Allah Paling Sempurna

Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng “Gondelan Klambine Kanjeng Nabi” yang digelar PR Sukun. (MURIANEWS/Sundoyo Hardi)

MURIANEWS, Kudus – Budayawan yang juga ulama Emha Ainnun Najib atau yang kerap dikenal sebagai Cak Nun menyebutkan jika Nabi Muhammad SAW adalah ciptaan Allah yang paling sempurna.

Nabi Muhammad, kata Cak Nun juga dianggap sebagi mahluk paling mulia dan merupakan kekasih dari Allah SWT.

“Beliau juga memiliki kecerdasan tertinggi sepanjang masa, karena itulah gondelan klambine kanjeng nabi ini sangat pas,” ucap Cak Nun dalam acara Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng “Gondelan Klambine Kanjeng Nabi” yang diselenggarakan PR Sukun secara virtual, Kamis (1/4/2021) malam.

Masa di mana Kanjeng Nabi Muhammad melakukan Isra dan Miraj juga menjadi bukti bahwa Rosulullah adalah mahluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Karena diberi kesempatan Allah untuk bisa melakukan perjalanan dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.

Adanya Isra Miraj tersebut menunjukkan jika manusia tidak terbatas hidup di sebuah lingkup kecil saja, melainkan menjadi bagian di skala besar yang dimiliki oleh Allah SWT.

Beberapa hal yang bisa dijelaskan dengan akal sehat dan sudah diketahui memang bisa diperlakukan dengan ilmu. Namun yang tidak, maka harus disikapi dengan takwa, tawakal dan iman. Juga semeleh dan pasrah.

“Karena itulah iman dan takwa kepada Allah itu penting, karena kita hidup di ruang yang tidak kita ketahui, sehingga perlu pasrah pada Allah SWT,” ungkapnya.

Baca: Cak Nun Ingatkan Manusia Harus Berpegang Teguh Pada Iman dan Takwa

Walau demikian menurutnya, meneladani Isra Miraj yang dilakukan oleh Rosulullah tidak harus sampai memikirkan ruang dan waktu yang sebegitu rumitnya. “Cukup dengan melakukan apa yang dilakoni Rosulullah, kita bisa meneladani sikap beliau,” jelasnya.

Pengajian virtual yang menghadirkan Cak Nun dan Kiai Kanjeng ini diselenggarakan oleh PR Sukun untuk memperingati Isra Miraj. Pengajian ini disiarkan secara langsung dari tiga channel Youtube, yakni PR Sukun, MURIANEWS TV, dan CakNun.Com.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...