Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Mulai Gelar Pendataan Keluarga, 1.427 Petugas Diterjunkan

Pendataan Keluarga 2021 yang dilakukan petugas di Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menyukseskan program pendataan keluarga 2021. Program tersebut dilaksanakan serentak secara nasional mulai 1 April hingga 31 Mei 2021 yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Mundir mengatakan, sudah menerjunkan 1.427 kader atau petugas lapangan untuk melakukan pendataan ke rumah masing-masing keluarga. Satu petugas akan ditarget sedikitnya mendata 150 keluarga.

“Pendataan keluarga 2021 sudah kami mulai kemarin. Satu petugas atau kader kami target mendata 15 20 KK setiap harinya. Ada juga 132 supervisor yang kami tempatkan di setiap desa/kelurahan di Kudus,” katanya, Jumat (2/4/2021).

Pendataan keluarga tersebut akan dilakukan melalui dua cara. Yakni dengan cara manual dengan mengisi formulir dan menggunakan aplikasi Android dengan tetap didampingi oleh petugas.

“Semua keluarga yang ada di Kudus didata. 30 persen manual, sisanya 70 persen menggunakan aplikasi Android yang diisi oleh petugas. Jadi tetap ada petugas yang datang,” ungkapnya.

Pihaknya memberikan waktu pendataan keluarga 2021 tersebut bisa selesai dalam waktu dua bulan. Hasil pendataan tersebut dilakukan untuk melakukan perencanaan pembangunan keluarga ke depannya.

Dalam pendataan, lanjut dia, akan terlihat beberapa hal, mulai dari jumlah anak, alat kontrasepsi apa yang dipakai, hingga berapa pendapatan orang tua.

“Salah satunya juga juga bertujuan untuk menurunkan angka stunting atau gizi buruk. Penanganan stunting mulai edukasi atau penyuluhan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebut, berdasarkan data yang didapatkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus hingga kini di Kota Kretek ada ratusan kasus stunting atau gizi buruk. “Angka sunting sampai saat ini yang ditangani ada 169,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...