Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sinau Bareng Cak Nun

Cak Nun: Dagang Itu Kejar Rezeki, Bukan Pendapatan

Cak Nun dalam Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng “Gondelan Klambine Kanjeng Nabi. (MURIANEWS/Sundoyo Hardi)

MURIANEWS, Bantul – Budayawan sekaligus ulama Emha Ainnun Najib atau yang akrab disapa Cak Nun mengingatkan semua elemen masyarakat untuk bekerja maupun berdagang untuk mencari rezeki, bukan mencari pendapatan.

Hal tersebut diungkapkan Cak Nun di acara Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng “Gondelan Klambine Kanjeng Nabi” yang diselenggarakan PR Sukun secara virtual, Kamis (1/4/2021) malam.

“Cari rezeki dan cari pendapatan itu beda. Rezeki itu di luar perhitungan kamu, pendapatan itu di dalam perhitungan kamu,” ucap Cak Nun yang disiarkan secara langsung di channel YouTube MURIANEWS TV, PR Sukun, dan CakNun.com.

Mencari rezeki kata Cak Nun, tidak hanya sekadar antara penjual dan pembeli saja. Melainkan lebih dari itu. Lebih dari sebuah pendapatan yang hanya sebatas ada penjual dan ada pembeli.

“Karena rezeki itu ada hubungan yang lebih kuat lagi, subjeknya tak hanya ada penjual dan pembeli saja. Melainkan ada subyek yang lebih besar yakni Allah,” tegas Cak Nun.

Jalan mencari rezeki, kata dia, juga sangat berbeda dengan mencari pendapatan. Untuk mencari rejeki, akan ada rumus sendiri dari Allah SWT. Yakni adalah adanya taqwa dalam berusaha. Dibarengi dengan kejujuran dan kerja keras.

“Itu tidak ada dalam ekonomi modern, padahal Allah sangat jelas menjelaskan di ayat-ayat suci Al-Qurannya,” sambung dia.

Hal tersebutlah, yang harus dilakukan oleh semua insan manusia baik yang berdagang maupun bekerja di lapisan manapun. Mengingat saat ini, banyak insan manusia yang hanya dan terus mengejar pendapatan dan keuntungan saja.

“Seperti PR Sukun juga yang menyelenggarakan pengajian Isra Miraj ini, mereka tidak hanya mencari laba saja sebagai perusahaan, tetapi juga mengerti kesadaran pemetaan hidup. Mereka tak ingin kehilangan subyek Allahnya,” tutur Cak Nun.

Perusahaan Rokok (PR) Sukun Kudus menggelar pengajian akbar secara virtual dengan menghadirkan Cak Nun dan Kiai Kanjeng secara virtual, Kamis (1/4/2021) pukul 19.30 WIB.

Temanya sendiri, adalah Sinau Bareng Cak Nun dan KiaiKanjeng “Gondelan Klambine Kanjeng Nabi”.

Pengajian tersebut, disiarkan secara langsung di tiga channel di platform sosial media Youtube, yakni PR Suku, MURIANEWS TV, dan CakNun.com.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...