Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Relawan di Grobogan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir Bandang di Klambu

Sejumlah relawan sedang membersihkan lumpur sisa banjir bandang di wilayah Klambu, Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Puluhan relawan melakukan kegiatan sosial pembersihan lumpur sisa banjir bandang di wilayah Kecamatan Klambu, Grobogan, Kamis (1/4/2021). Aksi sosial dilakukan di beberapa kantor, sekolahan, pondok pesantren, tempat ibadah serta rumah yang terkena dampak banjir bandang.

Selain relawan dari berbagai organisasi kemanusiaan, ada pula tim dari BPBD Grobogan, TNI, Polri, PNS, PMI dan masyarakat sekitar yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih tersebut.

“Kegiatan bersih-bersih kita lakukan dari pagi sampai sore. Rencananya, besok akan kita lanjutkan lagi pembersihan di sekolah dan ponpes,” kata Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih.

Endang menjelaskan, banjir bandang di wilayah Kecamatan Klambu terjadi pada sekitar tengah malam hingga pukul 03.00 WIB. Banjir bandang yang sudah berlangsung rutin itu terjadi menyusul hujan deras yang yang turun sejak pukul 20.30-23.30 WIB.

Ada dua desa yang terdampak banjir bandang tersebut. Yakni, di Desa Klambu dan Desa Penganten.

Untuk banjir di Desa Klambu sempat menggenangi ratusan rumah warga, tiga kantor, empat sekolahan, satu ponpes, dua masjid dan 12 musala. Kemudian, banjir bandang yang di Desa Penganten mengakibatkan 20 rumah rusak.

“Banjir bandang tidak berlangsung lama. Namun, pascabanjir meninggalkan lumpur yang cukup banyak dan perlu dibersihkan secepatnya biar aktivitas tidak terganggu. Kita juga sudah menyalurkan bantuan logistik pada warga yang terdampak banjir,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...