Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perempuan Penyerang Mabes Polri Generasi Milenial dan Berideologi ISIS, Ini Identitasnya

Zakiah Aini atau ZA pelaku penyerangan Mabes Polri yang ditembak mati oleh petugas. (Detik.com/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Identitas perempuan berpistol penyerang Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) di Jakarta akhirnya terungkap. Pelaku penyerangan itu diketahui bernama Zakiah Aini atau ZA.

Mengutip dari Detik.com, Rabu (31/3/2021), pelaku masih muda dengan tanggal kelahiran 14 September 1995 dan termasuk generasi milenial.

Pelaku juga merupakan perempuan lajang, berasal dari Ciracas, Jakarta Timur. Pendidikan terakhirnya adalah SMA/sederajat, dan kini berstatus pelajar/mahasiswa. Namun dia tidak menyelesaikan studinya alias drop out (DO).

“Tersangka ini, mantan mahasiswa di salah satu kampus, dan drop out pada saat di semester V,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Rabu (31/3/2020).

Dari penelusuran polisi, pelaku memiliki ideologi dan pemahaman radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun dia beraksi sendiri atau lone wolf.

Baca: Serang Mabes Polri, Perempuan Terduga Teroris Tewas Ditembak

“Dari hasil profiling yang bersangkutan, yang bersangkutan adalah tersangka pelaku lone wolf yang berideologi radikal ISIS,” kata Jenderal Sigit.

Hal itu dibuktikan lewat posting-an Zakiah Aini di media sosial. Tak sampai sehari sebelum penyerangan, dia mengunggah gambar di akun Instagram miliknya.

“Yang bersangkutan memiliki Instagram yang baru dibuat atau di-posting 21 jam yang lalu di mana di dalamnya ada bendera ISIS dan ada tulisan terkait masalah bagaimana perjuangan jihad,” paparnya.

Baca: Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Makassar Tinggalkan Surat Wasiat, Begini Isinya

Berikut data diri pelaku terduga teroris penyerangan Mabes Polri:

Nama: Zakiah Aini
Tempat tanggal, lahir: Jakarta, 14 September 1995
Jenis kelamin: Perempuan
Golongan Darah: O
Alamat: Ciracas, Jakarta Timur
Status: belum kawin
Pendidikan: SMA/sederajat
Pekerjaan: Pelajar/mahasiswa

Baca: Teman Laki-Laki Polwan Pati saat Kepergok Suami di Kamar Hotel Semarang Juga Polisi, Kini Ditangani Propam

Sebelumnya, seorang perempuan tak dikenal yang diduga sebagai teroris ditembak mati petugas saat menerobos masuk Mabes Polri, Rabu (31/3/2021). Langkah itu dilakukan karena perempuan tersebut membawa pistol dan sempat menodongkan ke petugas.

Saat melakukan aksinya, perempuan tersebut mengenakan pakaian panjang berwarna hitam dengan jilbab warna biru. Saat berjalan di Mabes Polri, perempuan misterius ini membawa map berwarna kuning di lengan sebelah kiri.

Perempuan tersebut tiba-tiba sudah berada di dalam area kompleks Mabes Polri dan berjalan ke arah pos penjagaan. Dia kepergok dua petugas saat hendak masuk ruangan, kemudian menodongkan senjata api hingga akhirnya ditembak mati petugas.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...