Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Puluhan Pasangan Remaja di Kudus Nikah Dini, Ada yang Hamil Duluan

Ilustrasi: Buku nikah

MURIANEWS, Kudus – Pengadilan Agama Kabupaten Kudus mencatat selama tiga bulan pertama di tahun 2021, ada puluhan pasangan remaja di Kota Kretek yang mengajukan permohonan dispensasi menikah.

Mereka mengajukan dispensasi lantaran usianya belum mencukupi untuk menikah sesuai aturan undang-undang, atau masih di bawah umur. Tercatat, hingga sejak Januari hingga Maret 2021 ada sebanyak 77 permohonan dispensai nikah.

Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Kudus Muchammad Muchlis merincikan, di bulan Januari 2021 saja ada 29 permohonan. Kemudian Februari 2021 ada 24 permohonan dispensasi nikah.

“Di Maret 2021 juga ada 24 permohonan. Kalau dibandingkan dengan 2020 dengan waktu sama ya meningkat, dulu itu ada 55 permohonan dispensasi menikah,” katanya, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi puluhan remaja melakukan pernikahan dini itu. Seperti kasus hamil duluan.

“Rata-rata itu memang sudah hamil, biasanya itu usia-usia sekolah sekitar 16 sampai 18 tahun. Tapi apakah masih sekolah atau tidak, kurang tahu,” ucapnya.

Kemudian, ada juga faktor lain. Seperti UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, mengubah ketentuan batasan usia perkawinan baik bagi laki-laki dan perempuan menjadi 19 tahun.

“Sekarang menikah kan harus berusia minimal 19 tahun, baik laki-laki atau perempuan. Ada juga karena mungkin sudah tidak sekolah terus anaknya sudah dekat lawan jenis, akhirnya orang tuanya khawatir dan dinikahkan,” ungkapnya.

Baca: Tiga Bulan Terakhir, Ratusan Perempuan di Kudus Menjadi Janda

Pihaknya mengimbau kepada orang tua harus lebih bisa memperhatikan putra-putrinya ketika bergaul dengan lawan jenis. Agar bisa meminimalisir permohonan dispensasi menikah.

“Selain itu, aturan menikah yang baru juga harus disosialisasikan. Karena memang ada yang belum tahu, kalau sekarang itu minimal usia 19 tahun untuk menikah. Jadi kemarin itu ada juga yang sudah persiapan banyak, tapi waktu mengajukan permohonan ke KUA ditolak karena belum cukup umur,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...