Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Bulan Terakhir, Ratusan Perempuan di Kudus Menjadi Janda

Pelayanan gugatan perceraian di Kantor Pengadilan Agama Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Hingga triwulan pertama di tahun 2021, ratusan perempuan di Kota Kretek telah berubah status menjadi janda.

Data di Pengadilan Agama Kudus mencatat sudah ada 385 perkara perceraian yang masuk selama triwulan pertama tahun 2021. Dari jumlah tersebut, 316 kasus di antaranya sudah diputus cerai oleh pengadilan.

“Kasus perceraian itu dari Januari-Maret 2021. Jumlah itu naik dalam kurun waktu yang sama di tahun 2020, yakni 340 perkara masuk dan 306 perkara cerai yang sudah diputus,” kata Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Kudus Muchammad Muchlis, Rabu (31/3/2021).

Ia merincikan, dari 316 kasus perceraian yang sudah diputus pengadilan, 231 perkara di antaranya merupakan cerai gugat. Sementara 85 perkara lain, merupakan cerai talak.

“Sejauh ini, kasus perceraian memang didominasi dari pihak perempuan yang mengajukan atau cerai gugat,” ucapnya.

Ia menjelaskan, banyak faktor yang menjadi penyebab perceraian yang terjadi di Kota Kretek. Mulai dari perselisihan atau pertengkaran antara kedua belah pihak. Angkanya mencapai 206 perkara. Kemudian faktor ekonomi ada 81 perkara, dan meninggalkan salah satu pihak ada 41 perkara.

“Tiga itu faktor yang mendominasi. Tapi ada juga faktor lain, seperti murtad, dihukum penjara, sampai kawin paksa,” ujarnya.

Pengadilan Agama, lanjut dia, juga wajib memediasi kedua belah pihak sebelum perkara penceraian tersebut diputuskan.

“Kalau kedua pihak hadir saat persidangan itu wajib dari kami untuk memediasi. Tapi memang jarang sekali yang berhasil, karena saat mengajukan cerai juga biasanya masalahnya itu sudah berlarut-larut lama. Jadi memang susah untuk memediasi,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...