Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ada E-TLE di Kudus, Polisi Ingin Warga Semakin Sadar dan Tertib Berlalu Lintas

Polisi saat melakukan edukasi dan sosialisasi E-TLE. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Satlantas Polres Kudus terus mengedukasi masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Terlebih, saat ini sudah ada sistem tilang elektronik atau E-TLE yang bisa menindak pelanggaran melalui kamera CCTV yang telah terpasang.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kudus Ipda Ngatno mengatakan, meski E-TLE sudah diberlakukan di Kota Kretek, pihaknya setiap hari berkeliling memberikan sosialiasasi kepada masyarakat pentingnya tertib berlalu lintas.

Selain itu, sosialiasi penerapan E-TLE juga tetap dilakukan. Mulai dari sosialisi menggunakan poster, brosur atau leaflet, melalui radio, sejumlah intansi hingga tempat umum lain.

“Brosur mengenai mekanisme E-TLE dari awal sampai akhir juga kami berikan kepada masyarakat. Dengan tujuan meski sudah tidak ada petugas di lapangan yang menindak masyarakat akan tetap tertib dan tahu jika ada pemasangan E-TLE,” katanya Selasa, (30/3/2021).

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Kudus Iptu Upoyo pemberlakuan tilang elektronik atau E-TLE bukan semata hanya untuk menindak pelanggar lalu lintas saja. Namun, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas.

“Karena itu kami tetap sosialisasikan setiap harinya di sejumlah lokasi yang berbeda-beda. Termasuk di lokasi yang sudah terpasang E-TLE. Semakin sadar masyarakat tertib berlalu lintas akan mengurangi angka kecelakaan dan resiko yang ditimbulkan,” pungkasnya.

Diketahui, tilang elektronik atau ETLE sudah mulai diberlakukan di Kudus sejak Selasa (23/3/2021) pekan lalu.

Lima titik kamera telah dipasang di traffic light yang ada di Kudus. Yakni, traffic light Bejagan Kudus, Penthol Kudus, Barongan Kudus, Simpang Tujuh Kudus dan traffic light DPRD Kudus.

KOPEK (Kamera Portable Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor) yang terpasang di helm anggota Satlantas saat patroli juga disediakan, untuk meng-cover sejumlah wilayah yang belum terpasang kamera E-TLE.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...