Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Vaksinasi Covid-19 di Kudus Tetap Berlanjut Saat Ramadan

Lansia divaksin Covid-19 di Puskesmas Jati, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada sejumlah kelompok sasaran di Kabupaten Kudus dipastikan tetap berlanjut selama bulan puasa Ramadan mendatang. Hanya memang, pelaksanaannya akan disesuaikan.

Termasuk di antaranya adalah jumlah sasaran dan kelompok penerima vaksin mana yang akan dilakukan proses vaksinasi.

“Tetap jalan, untuk saat ini masih kami siapkan prosedurnya,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dr Andini Aridewi, Selasa (30/3/2021).

Untuk waktu pelaksanaan vaksinasi sendiri, pihaknya akan mempertimbangkan sejumlah hal. Namun untuk sementara pihaknya berpedoman pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Yakni terkait proses pelaksanaan vaksinasi di pagi hari tidak membatalkan puasa. “Jadi bisa saja kami lakukan pagi atau siang,” ungkapnya.

Sementara saat ini, pihaknya masih menunggu alokasi vaksin kembali untuk menyasar kelompok sasaran berikutnya. Setelah kemarin digunakan untuk menyasar kelompok guru untuk persiapan tatap muka.

“Semua guru yang disasar kemarin sudah semua, tinggal menungu yang kloter berikutnya,” ujarnya.

Hingga pekan lalu, cakupan vaksinasi kumulatif di Kabupaten Kudus pada dosis pertama mencapai 21.173 orang. Dari target sasaran sebanyak 127.063 orang. Sementara untuk suntikan kedua mencapai 9.858 orang.

Untuk targetnya sendiri, meliputi tenaga kesehatan sebanyak 5.502 orang, pelayan publik sebanyak 52.660 orang, dan lansia sebanyak 68.901 orang.

Untuk tenaga kesehatan, sudah melebihi target yang ditentukan. Sementara untuk lansia dan pelayan publik terus dikebut sesuai dengan alokasi vaksin yang diterima Pemkab Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...