Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pemkab Kudus Janjikan Perayaan Paskah Aman Bagi Umat Kristiani

Rapat koordinasi pengamanan libur Paskah di Command Center Kudus, Selasa (30/3/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menjanjikan malam perayaan Paskah yang aman bagi umat Nasrani di Kabupaten Kudus. Koordinasi dengan semua aparat keamanan pun mulai ditingkatkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo memastikan hal tersebut. Pasalnya dalam perayaan Paskah kali ini, banyak gereja di Kudus akan menggelarnya secara langsung. Meskipun jumlah jemaat hanya 30 persen dari kapasitas ruangan.

“Tentu akan kami jaga. Polres Kudus juga akan siap membantu dalam pengamanan ini,” katanya usai rapat koordinasi pengamanan libur Paskah di Command Center Pemkab Kudus, Selasa (30/3/2021).

Pihaknya pun tetap mengimbau penerapan protokol kesehatan selama perayaan berlangsung. “Tetap harus dijaga prokesnya, soal pengamanan Pemkab Kudus, Polres Kudus, dan Kodim 0722 siap bersinergi,” jelasnya.

Sementara Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan pihaknya kini tengah memetakan daerah-daerah rawan untuk disiagakan personel yang lebih banyak.

“Kami data gerejanya, kami bagi tingkat kerawanannya. Nanti masing-masing gereja akan diberi pengamanan yang berbeda,” ujar dia.

Pihaknya pun berharap umat Kristiani tidak panik dengan adanya peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Polisi bersama TNI, kata dia, akan bertugas semaksimal mungkin untuk pengamanan perayaan Paskah.

“Jangan khawatir, perayaan ibadah dipastikan berjalan kondusif, aman dan tenteram. Apalagi Kudus termasuk kota yang ramah terhadap semua pemeluk agama,” ujar dia.

Sementara Kepala Satuan Kordinator Cabang Banser Kudus Afifudin mengatakan, Banser siap membantu pengamanan di gereja saat perayaan Paskah. Afif mengatakan, di tiap desa di Kabupaten Kudus sudah ada personel Bansernya. “Nanti tergantung permintaan, kalau seluruh Kudus ada sekitar 4.000 personel,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...