Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sering Ditanya Kapan Sekolah Tatap Muka Digelar, Nadiem: Jangan Tanya Saya, Tanya ke Pemda

Tangkapan layar keterangan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku merasa bingung terkait banyaknya peserta didik dan orang tua yang bertanya kepadanya terkait kapan sekolah tatap muka dibuka.

Kebingungan itu terjadi lantaran pihaknya sudah memberikan izin sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka sejak Januari 2021. Hanya saja, banyak pemerintah daerah yang belum memberikan izin karena di daerahnya belum masuk zona hijau.

“Jujur saya bingung kenapa saya terus yang ditanya. Dari Januari semua sekolah sudah boleh [belajar tatap muka], wewenang buka sekolah sekarang ada di Pemerintah Daerah. Jadi mohon tanya Pemda masing-masing kenapa belum buka,” kata Nadiem seperti dikutip Bisnis.com, Senin (29/3/2021).

Saat ini, lanjutnya, pemerintah tengah mendorong vaksinasi Covid-19 kepada kalangan guru.

”Alhamdulillah guru sudah masuk prioritas dan Presiden juga dukung agar 5,5 juta guru pada Juni sampai Juli sudah semua divaksin, jadi yang udah vaksin harusnya bisa langsung buka sekolah,” kata Nadiem.

Tapi, Nadiem mengingatkan sekolah yang sudah dibuka pun tetap harus membatasi agar semua peserta didik dan pendidik tidak berkumpul, nongkrong di kantin, dan tidak melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.

“Tapi paling tidak dengan kebijakan ini, yang sulit PJJ [pembelajaran jarak jauh] mereka bisa mulai duluan. Mau kelasnya di luar, kapasitas 50 persen, apa gimana, terserah gimana caranya, tapi tetap terbatas,” tegasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Bisnis.com

Comments
Loading...