Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bupati Sidak Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di SMP 2 Jepara, Ini Temuannya

Bupati Jepara Dian Kristiandi (kanan) saat melakukan sidak ke SMPN 2 Jepara untuk memantau persiapan uji coba pembelajaran tatap muka. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Rencana pembalajaran tatap muka, di wilayah Kabupaten Jepara rencananya akan diuji coba mulai 5 April 2021. Beberapa sekolah sudah ditunjuk untuk melaksanakan uji coba pelaksanaan kegiatan ini.

Untuk memantau persiapan tersebut, Bupati Jepara, Dian Kristiandi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke SMP 2 Jepara, Senin (29/3/2021).

Dian menjelaskan, sidak ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing sekolah yang sudah ditunjuk. Apalagi SMP 2 Jepara merupakan salah satu yang ditunjuk untuk melakukan uji coba tersebut.

“Kami ingin memastikan saja, untuk pembelajaran tatap muka ini benar-benar disiapkan dengan benar. Meski sifatnya uji coba, tentunya semua ketentuan harus dipenuhi. Di SMP 2 ini, misalnya, ternyata masih ada persiapan PTM yang belum sempurna,” katanya.

“Jadi kami harapkan SMP Negeri 2 untuk bisa mempersiapkan lebih baik lagi nanti saat uji coba PTM dilakukan. Supaya tidak terjadi kontraproduktif,” tambahnya saat berada di kompleks SMP 2 Jepara, Senin (29/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mendapati ada beberapa tempat cuci tangan tak mengalirkan air dengan sempurna. Sabun untuk cuci tangan di beberapa tempat cuci tangan juga belum tersedia.

Kepada pihak sekolah, masalah-masalah ini diminta untuk diperhatikan, dan bisa dilengkapi. Sehingga pada saat PTM dilaksanakan, semua fasilitas sudah siap digunakan.

“Saya minta sekolah untuk mengatur sirkulasi keluar masuk siswa. Itu supaya tidak terjadi kerumunan saat siswa hendak masuk dan saat pulang sekolah. Juga mengatur jadwal pembelajaran saat uji coba PTM,” ungkapnya.

“Nanti kami juga akan koordinasikan kegiatan ini dengan dinas terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub), karena ini akan berkaitan dengan pelayanan transportasi umum,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Jepara, Fatkhurrohman, menyatakan pihaknya telah menyiapkan sarana-prasarana protokol kesehatan. Di antaranya alat pelindung diri bagi seluruh guru dan siswa yang mengikuti uji coba PTM nantinya.

Kekurangan yang masih ada saat Bupati Jepara melakuakn sidak, dipastikan akan diperbaiki. Saat uji coba PTM dilaksanakan, SMP 2 Jepara akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Nanti (pelaksanaan PTM-red) akan kami lakukan sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur). Maksimal siswa yang masuk 110 anak dari 967 siswa kami. Perlengkapan prokes seperti masker, pelindung muka, dan handsanitizer akan disiapkan. Juga tempat cuci tangan, di masing-masing kelas,” ujar Fatkhurrohman.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...