Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Refocusing APBD Kudus Baru Capai RP 58,9 Miliar, TPP dan Dana Aspirasi Dewan Dipotong

DPRD Kudus.

MURIANEWS, Kudus – Realisasi refocusing APBD Kabupaten Kudus untuk penanganan Covid-19 di Kota Kretek kini baru mencapai Rp 58,9 miliar. Padahal target yang dibebankan, yakni sebanyak Rp 91,7 miliar.

Oleh karena itu, pemkab akan memotong tambahan penghasilan pegawai (TPP) untuk PNS di sejumlah OPD, dan dana aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Batas waktunya sampai tanggal 30 Maret ini, karena itu nanti TPP dan dana Aspirasi akan dipotong,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (29/3/2021).

Pihaknya mengatakan hal tersebut perlu disikapi secara bijaksana. Mengingat keadaan saat ini memang masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Di dana aspirsi nanti akan dipotong 20 persen, kami mohon kerelaan dan keikhlasannya,” jelas dia.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuagan, dan Aset (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono menerangkan, dari refocusing dana aspirasi sebanyak 20 persen tersebut, akan diperolah dana sekitar Rp 16 miliar. “Lumayan, nah nanti sisanya akan diambilkan dari TPP PNS,” ucap dia.

Pihaknya pun akan mengundang sejumlah OPD yang bersangkutan dengan dana aspirasi anggota dewan tersebut untuk berkoordinasi. Sehingga refocusing bisa selaras dan mencapai target.

Eko menambahkan, dalam proses refocusing, memang ada beberapa OPD yang mendapat toleransi pemotongan anggaran. Seperti Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH).

“Karena anggarannya hanya untuk bayar listrik dan pegawai saja,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...