Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

HUT ke-60, KPH Perhutani Pati Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan

ADM Perhutani Pati Edrian Sunardi memotong tumpeng HUT ke-60. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Perum KPH Perhutani Pati mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga dan melestarikan hutan. Sebab, hutan adalah sebagai paru-paru dunia sehingga peranannya sangat penting untuk kestabilan ekosistem.

ADM Perum Perhutani Pati Edrian Sunardi mengatakan, hutan sangat jelas mempunyai peranan penting dalam menjaga kestabilan ekosistem. Merusak hutan sama halnya dengan merusak kehidupan.

Apabila hutan rusak, maka tidak hanya ekosistem tetapi alam juga akan rusak. Sehingga akan membawa dampak yang berkepanjangan, seperti banjir dan lain sebagainya.

“Masyarakat adalah pagar hutan. Karena itu, kami mengajak agar kelestarian hutan ini tetap terjaga,” katanya usai potong tumpeng saat memperingati HUT Perhutani Ke-60 di Aula Perum KPH Perhutani Pati, Senin (29/3/2021).

Dia menambahkan, hutan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup setiap hari. Tak bisa dibayangkan, tanpa adanya oksigen makhluk hidup di bumi ini akan terancam mati dan punah.

Karena itu, gerakan untuk menjaga dan melestarikan hutan ini harus dilakukan secara massif. Keterlibatan masyarakat mutlak dilakukan.

“Untuk pengamanan, kami memang lebih menggunakan cara yang prefenti, memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa hutan adalah pelindung ekosistem, sumber air dan warisan bagi anak cucu,” tegasnya.

Dirinya berharap, dengan cara-cara yang pereventif itu, hutan bisa dijaga secara bersama-sama. Karena apabila hanya mengandalkan petugas, tentu akan snagat kewalahan. Karena pagar utama dari kelestarian hutan adalah masyarakat itu sendiri.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...