Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bangga! Rawon, Kuliner Khas Jawa Timur Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia Versi TesteAtlas

Rawon, masakan khas Jawa Timur. (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Bagi Anda pencinta masakan Rawon, patut berbangga hati. Pasalnya, kuliner khas Jawa Timur itu dinobatkan sebagai sup paling enak se-Asia (Best Rated Soups in Asia) versi TasteAtlas pada 2020.

TasteAtlas sendiri merupakan situs Kroasia yang mengulas makanan tradisional, resep lokal, dan restoran otentik di seluruh dunia. Situs ini seringkali menyebutkan makanan atau minuman terbaik berdasarkan kategori tertentu.

Misalnya, Kota dengan Masakan Tradisional Terbaik, Sajian Masakan Terbaik di Dunia, dan masih banyak lainnya.

Dilansir dari Kompas.com, TasteAtlas mengurutkan 12 menu sup paling enak se-Asia. Hasil tersebut didapatkan dari kritikus restoran dan survei dari 63.402 pembaca TasteAtlas.

Alhasil ada tiga makanan berkuah dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Rawon dari Jawa Timur pada urutan pertama dan gulai cincang dari Sumatera Barat pada urutan ketiga. Selanjutnya sayur asem pada urutan ke-12.

Sementara untuk kategori sup paling enak sedunia berdasarkan penilaian, rawon berada pada posisi empat, gulai pada urutan delapan, sayur asem urutan ke-44.

Rawon dalam situs TasteAtlas dijelaskan sebagai makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur.

Sup hitam ini dibuat dari daging sapi yang direbus lambat dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, kuncinya adalah buah kluwek.

Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun jika mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi,” dikutip dari keterangan TasteAtlas.

“Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa asam dan bersahaja serta warna hitam gelap yang unik,” lanjutannya.

Berikut urutan sup paling enak se-Asia versi TasteAtlas pada 2020:

1. Rawon, Indonesia
2. Bulalo, Filipina
3. Gulai cincang, Indonesia
4. Penang laksa, Malaysia
5. Asam laksa, Malaysia
6. Tinola manok, Filipina
7. Bak Kut Teh, Malaysia
8. Sinigang, Filipina
9. Khao Soi, Thailand
10. Shoyu rame, Jepang
11. Ash Resteh, Iran
12. Sayur asem, Indonesia

 

Penulis: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...