Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Puluhan Hektare Sawah di Grobogan Terendam, Petani Tak Bisa Tanam Padi

Puluhan hektare sawah di Kecamatan Godong, Grobogan terendam air. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Puluhan hektare sawah di wilayah Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan terendam air sejak beberapa hari terakhir. Kondisi ini mengakibatkan para pemilik sawah tidak bisa melangsungkan tanam padi.

Plt Kepala Dinas Pertanian Grobogan Sunanto mengatakan, luas areal sawah yang tergenang air ini sebanyak 85 hektare. Rinciannya, di Desa Kemloko ada 30 hektare dan di Desa Guyangan seluas 55 hektare.

“Air yang ada di sawah ini kondisinya cukup tinggi dan benih padinya juga ikut terendam. Hal ini mengakibatkan masa tanam padi jadi tertunda. Untuk bisa tanam padi maka perlu menunggu airnya surut dulu,” jelasnya, Sabtu (27/3/2021).

Selain itu, ada 175 hektare areal sawah berisi tanaman padi yang terendam. Yakni, di Desa Guci seluas 35 hektare, Desa Sumberagung 35 hektar, Desa Gundi 15 hektar, Desa Werdoyo 90 hektare.

“Umur tanaman padi yang terendam ini berkisar tujuh sampai 15 hari. Jadi, di wilayah Kecamatan Godong ini memang baru mulai masuk musim tanam II. Untuk selanjutnya, apabila terjadi puso akibat kejadian ini maka akan kami ajukan bantuan benih melalui cadangan benih nasional (CBN),” imbuh Sunanto yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Grobogan itu.

Dijelaskan, terendamnya areal sawah yang sudah maupun belum ditanami padi itu disebabkan meluapnya Sungai Jajar. Luapan ini terjadi menyusul turunnya hujan deras dalam beberapa hari terakhir yang mengakibatkan debit air sungai meningkat.

“Di samping itu, luapan air terjadi akibat dampak adanya normalisasi sungai yang belum selesai dan banyaknya buangan sampah. Kita sudah koordinasikan dengan pihak terkait untuk menangani hal ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...