Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kemenag Buka Lowongan 9.495 Guru Madrasah, 863 di Antaranya untuk Jateng

Ilustrasi

MURIANEWS, Jakarta —  Kementerian Agama (Kemenag) membuka lowongan untuk 9.495 guru madrasah di 30 provinsi pada 2021. Ribuan calon pegawai itu bakal masuk dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Jawa Tengah termasuk tiga besar provinsi dengan jumlah formasi terbanyak dengan jumlah 863 guru dibandingkan 30 provinsi tersebut. Di atas Jawa Tengah ada Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal Kemenag, Nizar Ali, mengatakan pada tahun ini pihaknya mengalokasikan formasi sebanyak 9.495 untuk guru madrasah pada seleksi PPPK.

Menurutnya, kuota formasi ini tersebar di 30 provinsi. Seleksi PPPK bagi guru madrasah tersebut diperkirakan akan dimulai pada Agustus 2021. Ada hal khusus yang harus dipenuhi calon pendaftar sehingga bisa masuk seleksi ini.

“Formasi ini diperuntukkan bagi eks-Tenaga Honorer K-II yang tidak dapat mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2019,” jelas, Nizar di Jakarta, Jumat (26/3/2021) seperti dikutip Bisnis.com.

Plt Kepala Biro Kepegawaian, Ali Rohmad, memerinci kuota formasu guru madrasah jalur PPPK terbanyak ada di Sulawesi Selatan yakni dengan 2.918 formasi.

Selanjutnya, disusul Jawa Timur sebanyak 1.238 formasi dan Jawa Tengah sebanyak 863 formasi. Sementara itu, tiga provinsi dengan kuota lowongan guru madrasah paling sedikit adalah Maluku Utara dengan satu formasi dan Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur dengan masing-masing 3 formasi.

“Ada empat provinsi yang tidak memiliki kuota PPPK 2021, yaitu Provinsi Kalimantan Utara, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat,” jelas Ali.

Lantas mana saja provinsi dengan jumlah formasi guru madrasah jalur PPPK terbanyak pada 2021? Berikut ini lima provinsi dengan kuota terbanyak:

1. Sulawesi Selatan sebanyak 2.918 guru.
2. Jawa Timur sebanyak 1.238 guru.
3. Jawa Tengah sebanyak 863 guru madrasah jalur seleksi PPPK.
4. Nangroe Aceh Darussalam dengan sebanyak 802 guru.
5. Jawa Barat sebanyak 613 guru madrasah.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Bisnis.com

Comments
Loading...