Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dipanggil Sebagai Saksi Korupsi Bansos, KPK Konfirmasi Honor Cita Citata

Penyanyi dangdut Cita Citata seusai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Jumat (26/03/2021). (Sindonews/Adam Erlangga)

MURIANEWS, Jakarta – Pedangdut Cita Rahayu atau Cita Citata diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (26/3/2021). Dalam pemeriksaan tersebut KPK mengonfirmasi honor yang diterimanya saat menjadi pengisi acara yang diadakan oleh Kementerian Sosial di Labuan Bajo.

Cita Citata sendiri diperiksa dengan status sebagai saksi kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek yang telah menjerat mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara.

“Kami mengonfirmasi saksi pada saat menjadi salah satu pengisi acara yang diadakan oleh Kemensos RI di Labuan Bajo, di mana sumber uang tersebut juga masih diduga dari para vendor yang menjadi pelaksana pengadaan Bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2021 di Kemensos RI, ” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri seperti dikutip Republika, Sabtu (27/3/2021).

Sementara Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengatakan, keterangan Cita Citata dibutuhkan terutama terkait apakah dia mengetahui uang yang diberi kepadanya sebagai honor merupakan uang hasil korupsi.

“Itu yang didalami, kalau dia tidak tahu dan kalau mungkin biayanya standar sebagaimana dia sering terima, misalnya nyanyi 3 jam Rp 100 juta. Nah, kalau dia dibayar standar dia saya pikir memang hak dia menerima pembayaran sesuai tarif, ” terang Alex.

“Kecuali kalau dia dibayar Rp 100 juta, kemudian dibayar Rp 3 miliar, tentu itu patut diduga sebagai cuci uang. Kami akan minta kelebihan dari tarif sebagaimna yang dia terima. Harus dilihat dulu, saya kira penyidik akan mendalami sampai di sana,” tambah Alex.

Usai menjalani pemeriksaan, Cita Citata, enggan menyampaikan secara detail perihal materi pemeriksaan yang dijalaninya. Meski begitu, ia berjanji akan menjelaskan hal tersebut di media sosial

“Jadi Cita belum bisa banyak menjelaskan karena Cita juga takut keluar dengan kerumunan seperti ini. Cita janji di sosial media Cita akan jelaskan detailnya,” kata Cita Citata, Jumat (26/3/2021) malam

Cita Citata juga belum mau menjelaskan soal penerimaan honor dirinya yang diduga bersumber dari dana suap bansos. Ia menegaskan mengisi acara tersebut secara profesional berdasarkan undangan dari pihak event organizer (EO). Dia pun menyatakan tidak mengenal mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

“Yang mengundang pihak EO, jadi saya tidak tau siapapun apa Juliari Batubara ini juga tidak saya kenal,” katanya.

Diketahui, pada beberapa waktu lalu, Mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso mengakui aliran uang senilai Rp 16,7 miliar yang berasal dari fee pengadaan bansos, salah untuk satunya pembayaran Rp 150 juta kepada pedangdut Cita Citata saat menjadi pengisi acara di Labuan Bajo.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan eks Mensos Juliari Peter Batubara serta dua PPK Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebagai tersangka. Ketiganya diduga sebagai pihak penerima suap.

KPK juga menetapkan dua pihak swasta sebagai tersangka yakni Ardian Iskandar dan Harry Van Sidabuke yang diduga sebagai pemberi suap. Keduanya pun telah didakwa dan sedang menjalani proses persidangan.

Juliari bersama Adi dan Matheus diduga menerima suap senilai sekira Rp 17 miliar dari Ardian dan Harry selaku rekanan Kemensos dalam pengadaan paket bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Republika

Comments
Loading...