Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ulat Bulu Kembali Serang Permukiman di Kudus, Jumlahnya Ribuan

Kondisi ribuan ulat bulu yang menyerang rumah warga Desa Ploso, Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Ulat bulu kembali menyerang perkampungan di Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus. Jumlah ulatnya mencapai ribuan, yang diduga berasal dari pekarabgan warga yang ditumbuhi pepohonan rimbun.

Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu saat pergantian musim. Ulat-ulat bulu itu bahkan sampai masuk ke rumah-rumah warga dan membuat penghuninya gatal-gatal.

“Sudah empat tahun terkahir sering masuk ke rumah, yang tahun ini sudah semenjak semingguan lalu. Penyebabnya dari pohon-pohon tinggi dan rimbun di kebun samping rumah. Kalau pas rimbun itu pasti ada,” kata Nur Kholis, warga Ploso yang rumahnya diserang ribuan ulat bulu, Sabtu (27/3/2021).

Akibatnya, ribuan ulat bulu tersebut masuk hingga ke dalam rumah. Mulai di Rooftop lantai dua, toko lantai satu, teras, dapur, bahkan masuk ke sejumlah kamar penghuni rumah.

“Sampai masuk ke kamar anak, kalau malam itu sampai gatal-gatal. Di sini sekitar ada sepuluh rumahan yang terdampak. Waktu saya semprot dengan obat sendiri beberapa hari lalu setelah saya bersihkan sangat banyak sampai satu ember kecil,” ungkapnya.

Ulat bulu yang ada di lantai dua rumah Nur Kholis, warga Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Meski demikian, serbuan ulat bulu itu sudah mulai mereda, hanya tinggal beberapa ulat bulu yang masih ada. Sebab, aduanya ke Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus sudah ditindak lanjuti Jumat (26/3/2021) kemarin sore.

“Kemarin itu sudah ada dari dinas menyemprot ribuan ulat bulu itu. Ditinggali obat semprot juga banyak, sekitar enam botol. Pohon di pekarangan juga ditebangi, rencananya setelah kering nanti akan saya bakar. Setelah itu nanti coba hubungi pemilik, agar rutin dibersihkan,” jelasnya.

Hal sama juga disampaikan Zubaidi yang menyebut, sudah tiga hari terakhir ini sejumlah ulat bulu juga menyerah warungnya. Namun menurutnya tak sebanyak seperti yang ada di rumah Nur Kholis.

“Dua kali ini sudah pernah ada ulat bulu sampai warung. Tapi kemarin itu sudah disemprot bebarengan sama rumahnya Pak Kholis, ini sudah tidak ada,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...