Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lestarikan Lingkungan, Rutan IIB Kudus Mulai Olah Sampah Organik Secara Profesional

Kepala Rutan IIB Kudus didampingi petugas rutan dan perwakilan PT Djarum saat menyerahkan tong sampah organik, (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Rumah Tahanan (Rutan) IIB Kabupaten Kudus mulai melakukan pengolahan sampah secara profesional dengan bantuan pihak swasta. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pelestarian bumi dan mencegah pemanasan global yang tengah terjadi.

Kepala Rutan IIB Kudus Suprihadi mengatakan, kebanyakan sampah di Rutan Kudus memang terdiri dari sampah-sampah organik dan sampah plastik rumah tangga. Sehingga dalam pembuangan dan pengolahannya perlu dibedakan.

“Kami bekerja sama dengan PT Djarum untuk mengolah sampah organik yang bisa di daur ulang,” ucap dia Jumat (26/3/2021).

Sementara untuk sampah-sampah nonorganik, lanjut dia, akan diolah masyarakat sekitar. Mulai dari sampah kardus, sampah botol plastik dan sampah lain yang bisa diolah dan bernilai jual.

Para warga binaan di Rutan IIB Kudus pun dibina untuk terus peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kegiatan-kegiatan seperti kerja bakti hingga bersih-bersih sel juga kerap digalakkan.

“Terlebih di masa pandemi corona seperti ini,” lanjutnya.

Semua protokol kesehatan, kata dia, sudah dijalankan dengan baik. Mulai dari cuci tangan hingga pemakaian masker di dalam Rutan.

Para pembesuk, lanjut dia, juga diskrining terlebih dahulu dan dipastikan steril saat akan masuk ke dalam Rutan. Sehingga bisa mecegah adanya penularan corona di kalangan warga binaan.

“Sudah kami jalankan dengan maksimal,” ucap dia.

Pihaknya juga sempat melakukan uji rapid pada semua pegawai Rutan. Selain itu, sejumlah warga binaan secara sampling juga diuji rapid.

Selain itu, semua pegawai Rutan IIB Kudus juga telah menjalani proses vaksinasi. “Semua hal tersebut kami lakukan untuk mencegah penularan virus corona di kawasan Rutan IIB Kudus ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...