Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setelah Vaksin Covid-19 Tak Boleh Langsung Donor Darah, Ini Jangka Waktunya

Petugas PMI Kudus menggelar donor darah di area Samsat Kudus belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Orang yang baru saja menjalani vaksinasi Covid-19, tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah. Hal ini berlaku bagi vaksin lainnya juga, tidak hanya untuk vaksin Covid-19.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kudus dr Arief Adi Saputro memberikan penjelasan terkait hal ini. Menurut dia, masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi tidak diperbolehkan langsung mendonorkan darah.

Dia menjelaskan, setidaknya masyarakat harus menunggu enam pekan dari dosis pertama. Durasi enam pekan itu untuk masyarakat yang berusia di bawah 60 tahun.

Sedangkan untuk masyarakat yang berusia di atas 60 tahun harus menunggu delapan pekan dari dosis pertama.

“Vaksinasi kan ada dua dosis. Dari dosis pertama ke dosis kedua untuk yang usianya kurang dari 60 tahun itu jaraknya dua pekan. Sedangkan untuk yang usianya di atas 60 tahun dari dosis satu ke dosis dua jaraknya empat pekan. Kemudian dari dosis dua sampai mau donor darah idealnya jaraknya empat pekan baru boleh donor,” katanya, Jumat (26/3/2021).

Dokter Arief menambahkan, adanya jeda enam pekan itu supaya tidak memengaruhi hasil pendonor. Sebab, vaksin yang masuk ke dalam tubuh itu akan membentuk antibodi.

Sehingga ketika langsung melakukan donor darah, dikhawatirkan dapat memengaruhi penerima donor darah.

“Semua vaksin, tidak hanya vaksin Covid-19 itu masuk ke sirkulasi darah dan membentuk antibodi. Jadi kalau sudah vaksin, ditunda dulu kalau mau donor darah,” terangnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, masyarakat yang hendak donor darah bisa dilakukan sebelum vaksinasi Covid-19. Jika tidak, bisa menunggu selama enam pekan dari vaksinasi dosis pertama.

Bagi yang sudah pernah donor juga harus melihat jeda waktu setidaknya 2,5 bulan untuk kembali melakukan donor darah.

Saat ini PMI Kudus terus berupaya mencari stok donor darah. Mengingat situasi saat ini masih pandemi, dalam sehari PMI Kudus hanya mendapatkan 30 sampai 40 kantong darah saja. Hal itu untuk beragam golongan darah. Seperti A, B, AB, dan O.

“Pastinya saat ini kami mencari yang belum melakukan vaksinasi. Dan juga yang sudah enam pekan dari vaksinasi. Kan vaksinasi juga tidak serentak kan, jadi masih bisa mencari,” ujarnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...