Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Simulasi KPU RI, Tahapan Pemilu 2024 Akan Dimulai November 2021

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mulai menyusun sebuah rencana simulasi untuk Pemilu 2024. Berdasarkan simulasi tersebut tahapan Pemilu 2024 sudah akan dimulai pada November 2021 ini. KPU Jepara, dalam hal ini juga sudah mulai melakukan sosialisasi terkait hal tersebut.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyatakan, terkait pelaksanaan Pemilu 2024, KPU RI sudah melakukan rapat dengan Komisi II DPR RI. Dari hasil rapat tersebut, KPU RI selanjutnya mulai membuat rencana simulasi pelaksanaannya. Sesuai simulasi yang dibuat KPU RI, tahapannya dimulai pada November 2021, dengan asumsi pemungutan suara Pemilu 2024 pada Maret 2024.

“Sesuai  dengan simulasi KPU RI,  pemungutan suara rencananya dilakukan pada Maret 2024. Tahapan paling awal adalah pendaftaran peserta Pemilu. Karena itu parpol mulai saat ini juga perlu bersiap diri,” ujarnya, Jumat (26/3/2021).

Subchan menjelaskan, sesuai simulasi KPU RI, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan legeslatif (DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan BPD) akan digelar pada Maret 2024. Sedangkan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Gubernur dan Bupati/Walikota) dilaksanakan pada bulan November 2024.

Pelaksanaan Pilpres dan Pileg, biasanya digelar secara serentak pada bulan April. Namun karena pertimbangan ada pelaksanaan Pilkada Serentak di tahun yang sama, akhirnya dimajukan menjadi Maret 2024. Sedangkan untuk Pilkada (Gubernur dan Bupati/Walikota) Serentak, tidak bisa dirubah lagi pelaksanaannya, pada bulan November 2024. Karena sesuai UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, waktu pelaksanaannya sudah disebutkan secara jelas.

“Intinya kami di KPU kabupaten/kota terus menyimak dan mengikuti dinamika pembahasan yang kini fokus dilakukan KPU, Bawaslu DKPP bersama DPR RI. Apapun keputusannya, kami di kabupaten siap menjalankan sesuai regulasi,” tambahnya.

Sementara itu, Komsioner KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pastisipasi Masyarakat dan SDM, Muhammadun menyatakan, Pembahasan revisi UU No 7/2017 tentang Pemilu dihentikan. Belum lama ini rencana revisi UU tersebut juga ditarik dari prolegnas 2021.

Maka dasar hukum pemilu 2024 dan pemilihan (gub-wagub serta bupati-wabup dan walikota-wakil walikota tetap berdasarkan UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Dengan didasarkan pada aturan-aturan yang ada, KPU menyampaikan simulasi hari pemungutan suara dan disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI pada 15 Maret lalu. Sedangkan, hari pemungutan suara untuk Pemilihan (pilkada) Serentak Tahun 2024 akan dilaksanakan pada bulan November 2024, sesuai dengan ketentuan yang ada.

Dengan mempertimbangkan kompleksitas pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 maka perlu dilakukan tahapan kegiatan pemilu dan pemilihan lebih awal (lebih dari 20 bulan).

“Sesuai simulasi, maka sekarang posisi kami di KPU Kabupaten Jepara akan mengikuti dinamika yang ada di KPU RI (serta Bawaslu dan DKPP) bersama DPR dalam menetapkan tahapan. Jika sesuai simulasi tersebut, maka tahapan pertama yang akan dijalankan KPU adalah tahapan pemilu 2024, lalu menyusul berikutnya tahapan pemilihan Pilkada. Karena tahapan Pilkada baru bisa dimulai setelah hasil Pemilu legeslatif ditetapkan,” tandasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...