Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jelang Ramadan, Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Jepara Masih Aman

Para pembeli di Pasar Jepara 2 saat melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Pergerakan harga-harga barang kebutuhan pokok, di  wilayah Kabupaten Jepara masih belum terjadi, menjelang Ramadan. Di sejumlah pasar tradisional, harga-harga yang terbentuk masih normal. Demikian pula dengan stok barang kebutuhan, sampai sejauh ini juga dipastikan masih aman.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, pihaknya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, terus melakukan pemantauan terhadap hal ini. Sejauh ini, harga dan stok barang-barang kebutuhan pokok di Kabupaten Jeparamsaih aman. Selain itu, pihaknya juga memastikan tidak ada kelangkaan barang terjadi.

“Dari hasil pemantauan yang dilakukan, stok bahan pakok di pasaran masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Selanjutnya, kami akan terus melakukan pantauan harga kebutuhan pokok setiap hari sampai bulan Ramadan tiba. Sejauh ini stok pangan kami cek masih aman. Ketersedian bahan pokok masih cukup,” ujar Dian, Kamis (25/3/2021).

Dari pantauan di lapangan, Dian Kristiandi menyatakan, justru ada sejumlah barang kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga. Di antaranya adalah komuditas cabai rawit dan telur ayam.

Sepekan lalu, harga komuditas cabe rawit mencapai Rp 120 ribu. Sedangkan pada pekan ini turun menjadi Rp 100 ribu setiap kilogramnya. Sementara untuk telur, yang sebelumnya mencapai Rp 24 ribu/kilogramnya pekan ini turun menjadi Rp 22 ribu/kilogram.

“Dalam pekan ini malah ada penurunan harga ya. Di antaranya cabe rawit dan telur ayam. Penurunannya terjadi dalam pekan ini,” tambah Dian Kristiandi.

Sementara itu, di Pasar Jepara 1, Nurjanah, seorang pedagang sembako menyatakan, kenaikan harga memang belum terjadi saat ini. Menjelang Ramadhan biasanya memang terjadi kenaikan harga komuditas kebutuhan pokok. Namun untuk saat ini hal itu belum terjadi. Mungkin karena masih sekitar dua pekan lagi Ramadhan tiba, sehingga belum terjadi kenaikan harga.

“Untuk saat ini masih normal semua. Harga minyak goreng dan gula pasir masih stabil. Juga harga barang kebutuhan lainnya. Malah sebaliknya, saat ini ada beberapa harga yang turun.Misalnya harga telur dan cabe rawit. Entah nanti kalau sudah dekat dengan Ramadhan ya,” ujar Nurjanah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...