Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Uji Coba Sekolah Tatap Muka, SMK Wisuda Karya Kudus Hanya Datangkan 144 Siswa dalam Dua Sesi

Siswa SMK Wisuda Karya mengikuti ujian praktikum keahlian dengan protokol kesehatan ketat. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Di Kabupaten Kudus akan ada sejumlah sekolahan ditunjuk untuk menggelar simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) pada awal April 2021. Sejumlah sekolahan pun telah memperisiapkan skema hingga sarana prasana protokol kesehatan yang diterapkan saat simulasi PTM nanti.

SMK Wisuda Karya Kudus menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk pemerintah untuk menggelar uji coba PTM. Sekolah ini telah mempersiapkan blangko perizinan yang akan diberikan kepada orang tua siswa, skema pembelajaran, hingga sarana prasarana protokol kesehatan (prokes).

“Untuk simulasi nanti, kami utamakan untuk kelas X. Kelas XI masih menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sedangkan kelas XII saat ini tinggal melakukan ujian-ujian praktikum keahlian,” kata Nashruddin Helmy, Waka Kurikulum SMK Wisuda Karya Kudus, Kamis (25/3/2021).

Ia menjelaskan simulasi PTM nanti, lebih mengutamakan pembelajaran praktikum dan untuk pembelajaran teori tetap dilakukan secara daring. Pihaknya juga memberlakukan sistem bergantian atau dua sesi, pertama mulai 07.30 -09.30 WIB dan 11.00-13.00 WIB.

“Satu kelasnya nanti ada 18 siswa, kami utamakan mapel praktikum. Total seluruh kelas X nanti yang ikut simulasi ada 144 siswa,” ungkapnya.

Pihaknya merincikan sarana prasarana protokol kesehatan juga sudah dipersiapkan. Mulai dari tempat cuci tangan dan sabun, handsanitizer, thermogun, penataan tempat praktikum, lokasi parkir yang berjarak, hingga sterilisasi lokasi praktikum secara berkala.

“Siswa yang datang wajib memakai masker, dan ada 50-an tempat cuci tangan yang sudah kami persiapkan. Di setiap depan ruangan juga tersedia handsanitizer,” terangnya.

Baca: Kudus Tunda Uji Coba Sekolah Tatap Muka untuk SD, Tingkat SMP dan SMA Tetap Lanjut

Sebanyak 121 guru, tenaga pendidik dan karyawan SMK Wisuda Karya juga sudah divaksin tahap pertama, dan tinggal menunggu proses vaksin dosis kedua.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan surat izin orang tua murid untuk menggelar simulasi PTM. Dan siswa yang masih berdomisili di zona selain hijau juga sementara belum diperbolehkan masuk.

“Yang sakit seperti flu, batuk, panas juga sementara masih PJJ. Jadi semua yang ikut simulasi PTM harus dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Saat ini pihaknya juga tengah menggelar ujian praktikum keahlian secara bertahap. Setiap pertemuan hanya ada lima siswa yang mengikuti ujian.

“Tentunya juga sudah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, dan kami batasi secara terbatas dan bergantian. Ujian itu berakhir sampai dengan 8 April 2021,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...