Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dana Tambahan Penghasilan PNS Kudus Kena Refocusing Penanganan Pandemi

Ilustrasi

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dipastikan melakukan rasionalisasi pada dana tambahan penghasilan pegawai (TPP) pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kudus. Ini dilakukan untuk memenuhi target refocusing APBD 2021 yang mencapai Rp 91.7 miliar, guna penanganan pandemi.

Saat ini sendiri, Pemkab Kudus baru bisa mengumpulkan sekitar Rp 53 miliar dari 37 organisasi perangkat daerah (OPD) di bawah naungannya.

“TPP tetap akan kami potong untuk memenuhi target refocusing,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo, Kamis (25/3/2021).

Pihaknya juga berharap para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus untuk bersedia merelakan dana aspirasinya untuk turut di-refocusing. Hal tersebut dilakukan demi Kabupaten Kudus.

Jumlahnya sendiri, lanjut Hartopo, tidak akan mencapai 22 persen. “Bisa 20 persen saja atau nanti bagaimana pelaksanaannya,” kata dia.

Sementara untuk progam-progam unggulan dan progam dengan skala prioritas, dipastikan tidak akan terkena refocusing. Salah satunya adalah pembangunan mal pelayanan publik.

Walau memang dalam perjalanannya, anggaran mal pelayanan publik telah di-refocusing dan tersisa Rp 6,3 miliar saja untuk pembangunan gedung. Sebelumnya dana yang disiapkan untuk program ini sekitar Rp 12 miliar.

“Karena tahun ini jadi target, maka tetap akan kami laksanakan pembangunannya,” ungkap Hartopo.

Selain itu, hibah sarpras rumah ibadah dan progam Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) juga terus berjalan pada tahun ini. Untuk hibah sarpras, pemkab melakukan refocusing anggaran. Sementara untuk TKGS tidak.

“Akibat terkena refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, Kami tidak dapat memaksimalkan pemberian hibah ini. Namun tetap kami prioritaskan agar rumah ibadah secara merata mendapatkan dana hibah sarpras,” tandasnya.

Sementara untuk pencairan TKGS sendiri, akan dilakukan pengajuan  pencairan oleh Disdikpora Kudus ketika ketika surat keputusan terkait pencairan TKGS di Bagian Hukum Setda Kudus sudah keluar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...