Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Biar Cepat Tangani Kebakaran, Satpol PP Grobogan Buka Pos Damkar di Kecamatan Godong

Armada pemadam kebakaran yang disiapkan di pos damkar baru di Kecamatan Godong, Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Satpol PP Grobogan kini memiliki satu pos damkar baru yang ditempatkan di Kecamatan Godong. Dengan tambahan ini, maka totalnya ada empat pos damkar yang dimiliki.

Tiga lainnya adalah Pos Induk Purwodadi, Pos Wirosari dan Pos Gubug yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

“Sekarang, pos damkarnya jadi empat. Terbaru ada di Kecamatan Godong ini. Untuk Pos Godong ini kita sediakan dua armada. Satu mobil pemadam, satunya mobil suplai air,” kata Kepala Satpol PP Grobogan Nur Nawanta, usai peresmian pos damkar Kecamatan Godong, Rabu (24/3/2021).

Dijelaskan, pembukaan pos baru itu dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan terkait dengan penanganan musibah kebakaran. Dengan adanya pos baru ini diharapkan bisa lebih mempercepat datangnya bantuan ketika terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Godong dan sekitarnya.

“Sebelumnya, kalau ada kebakaran di sekitar wilayah Kecamatan Godong ini ditangani oleh Pos Induk Purwodadi dan pos Gubug yang jarak tempuhnya cukup jauh. Nantinya, bisa ditangani oleh petugas di pos Godong ini sehingga upaya pemadaman lebih cepat dilakukan karena jarak jangkaunya lebih dekat,” katanya.

Mantan Camat Grobogan itu menjelaskan, musibah kebakaran di wilayahnya masih cukup tinggi tiap tahun. Pada tahun 2019, totalnya ada 192 kejadian dengan nilai kerugian sekitar Rp 12,6 miliar.

Sedangkan tahun 2020, ada 117 kejadian dengan nilai kerugian Rp 10,1 miliar. Sementara untuk tahun 2021 ini, sudah ada 19 kejadian dengan nilai kerugian Rp 2,8 miliar.

“Untuk penyebab kebakaran ini bermacam-macam. Paling banyak disebabkan korsleting listrik, bediang dan kompor,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...