Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspada, Kasus TBC di Pati Meningkat

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada DKK Pati, Joko Leksono saat memberikan keterangan kepada wartawan (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati mencatat, ada sebanyak 1.351 kasus Tuberkulosis (TBC) umum selama tahun 2020 lalu. Jumlah tersebut dimungkinkan masih terus meningkat dan semakin bertambah tahun ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada DKK Pati, Joko Leksono Widodo mengatakan, dari 1.351 kasus TBC umum itu, 1.256 di antaranya adalah kasus TBC dewasa dan 96 kasus TBC anak-anak.

Sedangkan untuk TBC yang jenis resisten obat (MDR) atau kebal terhadap obat pada tahun 2020 lalu ada 21 kasus, 18 di antaranya dari Kabupaten Pati. Sementara sisanya pasien yang berdomisili di luar Kabupaten Pati.

“Untuk capaian penanganan penyakit yang menyerang paru-paru ini masih rendah. Lantaran saat ini kami masih fokus menangani pandemi Covid-19,” katanya, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, selama pandemi ini pihaknya juga membatasi perjumpaan dengan penderita TBC. Sebab, tidak menutup kemungkinan mereka juga positif Covid-19 apabila dilakukan rapid antigen.

“Selain pandemi Covid-19, kebiasaan pasien pengidap penyakit ini yang malas meminum obat juga menjadi faktor tingginya angka penyakit ini di Bumi Mina Tani,” ujarnya

Meskipun angka kasus tinggi dan pihaknya masih disibukkan dengan pandemi Covid-19, ia mengaku akan terus melakukan pencegahan dengan melakukan program-program pencegahan penyakit menular ini.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...