Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Malam-Malam Dua Dirjen Kementerian Datangi Kandang Sapi di Blora, Pastikan Tak Ada Kelangkaan Daging Jelang Ramadan

Kunjungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Nasrullah, dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI Syailendra di Blora. (MURIANEWS/Priyo)

MURIANEWS, Blora – Dua direktur jenderal dari kementerian, Selasa (23/3/2021) malam tadi mendatangi dua kandang sapi di peternakan yang ada di Kabupaten Blora. Keduanya yakni Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Nasrullah, dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI Syailendra.

Mereka mendatangi peternakan di kandang penggemukan di Desa Adirejo, Kecamatan Tunjungan, Blora, milik peternak bernama Heri, dan kandang penggemukan di Desa Jiken, Kecamatan Jiken, Blora milik peternak bernama Mundawan.

Kedua direjen itu langsung disambut Bupati dan Wakil Bupati Blora Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati. Keduanya sengaja datang ke sentra peternakan sapi di Blora ini untuk memastikan ketersediaan sapi, agar tidak terjadi kelangkaan daging saat Ramadan dan Lebaran.

“Kami dari Kementerian Pertanian bersama dengan Kementerian Perdagangan mengunjungi beberapa sentra-sentra produksi sapi, untuk memastikan bahwa masyarakat Indonesia tidak kekurangan daging sapi maupun kerbau untuk puasa dan Lebaran. Tentunya dengan jaminan ketersediaan maka harga juga akan terkendali,” kata Nasrullah.

Tak hanya di Blora, mereka juga telah berkeliling ke sejumlah sentra peternakan sapi untuk memastikan ketercukupan daging ini.

“Kita mengecek, yang pekan lalu ke Jawa Timur, dan ini kita keliling di Jawa Tengah, salah satunya Blora. Sehingga ternak ini, dari wilayah produksi ke wilayah konsumen itu bisa kita mobilisasi dengan cepat dan tepat waktu, sehingga dari segi harga bisa stabil,”ujarnya.

Sementara itu, Syailendra, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag menyebut, pihaknya mengajak Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara untuk mejalin kerja sama untuk jangka panjang dengan peternak Blora.

“Kami akan terus memantau ketersediaan sapi-sapi ini bukan hanya bulan puasa dan hari raya saja, tapi kita juga mempersiapkan untuk jangka panjang. Karena itu kita juga membawa Dirut Berdikari, kita nanti bermitra dengan teman-teman peternak untuk memastikan produksi di Tanah Air juga berjalan baik,” pungkasnya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...