Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

25 Pengendara Tak Pakai Helm di Kudus Terekam Kamera E-TLE, Langsung Dikirimi Surat dari Polisi

Polisi memantau lalu lintas di Kudus melalui monitor yang terintegrasi dengan CCTV. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Di hari pertama  Penerapan sistem tilang elektronik atau E-TLE (electronic traffic law enforcement), Selasa (23/3/2021) kemarin sebanyak 25 pengendara motor kedapatan melanggar peraturan lalu lintas terekam kamera E-TLE. Mereka kedapatan tak mengenakan helm saat berkendara di jalan raya.

Di ketahui di Kabupaten Kudus sudah terpasang lima titik CCTV di sejumlah traffic light. Yakni, traffic light Bejagan Kudus, traffic light Penthol Kudus, traffic light Barongan Kudus, traffic light Simpang Tujuh Kudus dan traffic light DPRD Kudus.

Selain itu action camera KOPEK (Kamera Portable Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor) juga terpasang di lima helm patroli.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandhega mengatakan, 25 pengendara motor yang melanggar peraturan lalu lintas terekam kamera E-TLE di hari pertama kemarin.

“Mereka terekam melanggar di lima titik traffic light  yang sudah terpasang kamera,” katanya, Rabu (24/3/2021).

Menurutnya dari puluhan pelanggar yang kedapatan tak memakai helm itu, seluruhnya bernomor polisi lokal Kudus. Jika ditemukan nomor polisi luar kota, pihaknya juga masih bisa melakukan pendataan identitas pelanggar.

“Karena sistem E-TLE terintegrasi dengan data-data identitas pemilik kendaraan secara nasional. Setelah ini ke 25 pelanggar kami kirimkan surat ke alamat yang tertera. Setelah itu kami beri waktu 14 hari untuk melakukan konfirmasi,” pungkasnya.

Baca: Kena Tilang Elektronik E-TLE di Kudus Diberi Waktu 14 Hari, Telat STNK Bisa Diblokir

Diberitakan sebelumnya, diberlakukannya E-TLE bisa menindak berbagai jenis pelanggaran lalu lintas. Antara lain tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, melanggar marka jalan, hingga melanggar batas kecepatan.

Selain itu, kamera E-ETLE yang sudah terpasang juga untuk menghindari adanya gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan membantu mengungkap tindak kriminalitas yang ada di Kota Kretek.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...