Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RS Aisyiyah Kudus Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis, Ini Syaratnya Jika Ingin Daftar

RS Aisyiyah Kudus melaksanakan operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit tahun lalu. (MURIANEWS/Dok RS Aisyiyah Kudus)

MURIANEWS, Kudus – RS Aisyiyah Kudus akan menggelar operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit, Sabtu (3/4/2021). Operasi bibir sumbing itu gratis bagi masyarakat se-Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaannya RS Aisyiyah Kudus menggandeng Djarum Foundation dan Yayasan Permatasari Semarang. Pelaksanaan operasi bibir sumbing ini merupakan edisi pertama untuk tahun ini dan merupakan edisi ketujuh dalam pelaksanaannya sejauh ini.

Penyelenggarannya digelar rutin setahun dua kali. Yakni April dan Oktober setiap tahunnya. Bagi masyarakat yang hendak mengikuti operasi bibir sumbing dan langit-langit ini dapat mempersiapkan persyaratannya.

Beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan yakni penderita bibir sumbing minimal usia tiga bulan, berat badan minimal 5 kilogram, dan maksimal berumur 60 tahun. Kemudian untuk penderita sumbing langit-langit berumur minimal 18 bulan, berat badan minimal 10 kilogram, dan maksimal umur 11 tahun.

Selain itu diminta membawa fotocopy KTP, KK, dan akta kelahiran. Dan tentunya tidak sedang dalam masa imunisasi. Pendaftaran akan ditutup pada Selasa (30/3/2021).

Kemudian, peserta akan diskrining terlebih dahulu pada pada Jumat (2/4/2021). Skrining itu meliputi hasil tes HB, hematokrit, lekosit, trombosit, foto rontgen dada, dan hitung jenis atau diff count. Peserta nantinya juga dirapid tes terlebih dahulu di hari yang sama.

Direktur RS Aisyiyah Kudus dr Hilal Ariadi mengatakan, salah satu penyebab bibir sumbing karena ibu hamil kekurangan nutrisi. “Sehingga terbentuk struktur yang kurang sempurna sehingga menyebabkan bibir sumbing,” katanya, Rabu (24/3/2021).

Dia menambahkan, ibu hamil yang tidak memeriksakan diri secara rutin selama masa kehamilan turut menjadi penyebab terjadinya bibir sumbing. Oleh sebab itu dokter Hilal mengimbau agar ibu hamil memeriksakan kandungan secara rutin. Sehingga asupan vitamin, mineral, dan Zinc terpenuhi.

Nantinya peserta operasi bibir sumbing ini diperuntukkan se-Jawa Tengah. Tidak ada batasan kuota. Namun, peserta tetap diskrining terlebih dahulu.

Untuk proses operasi memakan waktu 30 menit. Pascaoperasi pasien diminta menginap semalam. Ketika tidak ada keluhan, diperbolehkan pulang keesokan harinya, Minggu (4/4/2021).

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...