Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Hanya Tilang, E-TLE di Kudus Juga Bisa Bantu Ungkap Kasus Kriminal

Polisi memantau lalu lintas yang di Kudus yang terekam kamera E-TLE. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Penerapan sistem tilang elektronik atau E-TLE (electronic traffic law enforcement) di Kota Kretek mulai diberlakukan sejak Selasa (23/3/2021) kemarin.

Tak hanya untuk menindak pelanggar lalu lintas, E-ETLE juga untuk menghindari adanya gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan membantu mengungkap tindak kriminalitas.

Lima titik kamera CCTV telah dipasang di traffic light yang ada di Kudus. Yakni, traffic light Bejagan Kudus, traffic light Penthol Kudus, traffic light Barongan Kudus, traffic light Simpang Tujuh Kudus dan traffic light DPRD Kudus.

Action camera atau KOPEK (Kamera Portable Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor) juga telah terpasang di lima helm patroli yang digunakan polisi untuk berkeliling. Dan sejumlah dash cam juga terpasang di mobil patroli polisi.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, sejumlah kamera yang telah ada, bukan hanya untuk menindak pelanggaran lalu lintas. Namun, juga bisa untuk memantau jika ada gangguan kamtibmas atau kriminalitas.

“Semakin banyak kamera tersebar, sehingga akan mengcover sejumlah wilayah. Dan kami juga mengharapkan adanya kamera pengintai itu tidak akan terjadi suatu tindak kriminalitas. Apabila terjadi kamera ini juga bisa sebagai support untuk membantu mengungkap kasus kriminalitas,” katanya, Rabu (24/3/2021).

Pihaknya juga berharap adanya sistem tilang elektronik tersebut masyarakat Kota Kretek bisa lebih tertib dan patuh terhadap hukum yang berlaku.

Baca: Kena Tilang Elektronik E-TLE di Kudus Diberi Waktu 14 Hari, Telat STNK Bisa Diblokir

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi program atau sistem E-TLE yang diterapkan oleh Polri di era digitilalisasi berbasis teknologi informasi. Sehingga selain membuat masyarakat lebih tertib berlalu lintas juga diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan.

“Dengan adanya E-TLE ini yang bisa mendeteksi langsung wajah pengendara, atau pelat nomor, harapan kami lalu lintas bisa lebih tertib dan Kudus akan semakin aman. Terlebih ada anggota Polri yang menggunakan action camera dan berkeliling sehingga bisa memantau langsung masyarakat yang melanggar,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...