Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tunjangan Guru Swasta di Kudus Segera Cair, Nilai Totalnya Rp 60 Miliar

Ilustrasi guru. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Kudus – Progam Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dipastikan berlanjut tahun ini. Nilainya berkisar di angka Rp 60 miliar untuk setahun pencairan.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuagan, dan Aset (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, anggaran TKGS tidak terkena refocusing anggaran untuk penanganan pandemi. Pencairannya pun kini hanya menunggu pengajuan dari dinas terkait saja.

“Karena dia progam skala prioritas jadi tidak kena refocusing. Kalau pencairannya menunggu pengajuan dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga,” katanya, Selasa (23/3/2021).

Eko menerangkan, untuk tunjangan guru swasta di Kabupaten Kudus memang masuk ranah dari Disdikpora Kudus. Sementara untuk tunjangan guru madin dan TPQ ditangani oleh Bagian Kesra Setda Kudus.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada mengungkapkan, pengajuan pencairan diupayakan bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Karena saat ini, draf surat keputusan terkait pencairan TKGS masih di Bagian Hukum,” ucap dia.

Jumlah penerimanya sendiri, kata dia, mengalami perubahan. Itu dikarenakan beberapa penerima sebelumnya telah diterima dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) beberapa waktu lalu.

“Sehingga SK yang menyangkut nama-nama penerimanya juga harus diperbarui,” sambung dia.

Sementara untuk nominalnya, lanjut dia, masing-masing guru akan menerima nominal yang berbeda. Yakni mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 1 juta. Tergantung lamanya masa mengabdi.

“Kami upayakan segera untuk pencairannya, jika SK sudah turun tentu segera kami cairkan,” jelas dia.

Kepala Bagian Kesra Setda Kudus Safii mengatakan tunjangan guru madin, guru MI, MTs, MA ataupun guru dari sekolah swasta nonIslam di Kudus sudah cair untuk periode Januari. “Cair Febuari kemarin, untuk bulan Febuari kami cairkan bulan ini,” ungkapnya.

Untuk jumlah penerimanya, kata dia, penerima tunjangan pada tahun 2021 tercatat sebanyak 6.861 orang. Meliputi guru madin, guru MI, MTs, dan MA ataupun guru dari sekolah swasta nonIslam.“Untuk jumlah anggaran yang disiapkan sebesar Rp 37,23 miliar,” jelasnya.

Untuk diketahui, TKGS merupakan janji kampanye pasangan Tamzil- Hartopo. Nominal penerimaan awal masing-masing guru adalah senilai Rp 1 juta per bulannya. Kemudian pada tahun kedua pelaksanaannya, diturunkan menjadi Rp 350 hingga Rp 1 juta per bulannya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...