Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cair Juni, Dana Rp 5 Miliar Disiapkan Pemkab Grobogan untuk Hibah Keagamaan

Sosialisasi pencairan dana hibah bidang keagamaan tahun 2021 di pendapa Kabupaten Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Pemkab Grobogan masih menyalurkan dana hibah bidang keagamaan pada tahun anggaran 2021 ini. Adapun dana hibah yang disiapkan dari APBD tersebut besarnya sekitar Rp 5 miliar.

Kasubag Bina Mental Spiritual Bagian Kesra Pemkab Grobogan Ali Anwar mengungkapkan, dana hibah sebesar itu rencananya akan disalurkan untuk untuk 251 lembaga.

Terdiri dari madrasah diniyah (madin), Taman Pendidikan Quran (TPQ), ponpok pesantren (Ponpes), dan tempat ibadah.

“Untuk besarnya dana hibah yang diterima tiap lembaga berbeda-beda. Yakni, mulai Rp 10-70 juta. Untuk bantuan maksimal sebeasr Rp 70 juta ini peruntukannya buat pembangunan ruang kelas baru,” katanya, usai sosialiasi pencarian dana hibah keagamaan tahun 2021 di pendapa kabupaten, Selasa (23/3/2021).

Menurutnya, dana hibah keagamaan itu direncanakan akan dicairkan sekitar Juni 2021 mendatang. Sebelum pencarian dilakukan, pihaknya terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi kepada para penerima dana hibah terkait berkas persyaratan yang perlu disiapkan.

“Saat ini para penerima dana hibah kita minta mempersiapkan berkas yang diperlukan sebagai syarat pencarian. Nantinya, dana hibah ini akan langsung ditransfer ke rekening lembaga tersebut,” sambungnya.

Ali menambahkan, pada tahun 2020 lalu, pihaknya juga masih tetap menyalurkan dana hibah keagamaan. Namun, nilainya hanya sekitar Rp 3 miliar dan disalurkan untuk 122 lembaga.

“Tahun lalu, dana hibahnya tidak begitu besar karena sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19. Untuk tahun ini besarnya dana hibah nilainya bisa Rp 5 miliar,” ujarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...