Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Deklarasi Damai, Calon Kades di Pati Diminta Siap Kalah dan Siap Menang

Calon kades peserta Pilkades Serentak Pato membubuhkan tandatangan yang disaksikan langsung Bupati Pati Haryanto. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Para calon kepala desa (kades) yang akan bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pati melakukan deklarasi damai di pendapa kabupaten setempat, Selasa (23/3/2021). Mereka membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk komitmen agar tidak membuat kegaduhan selama pilkades berlangsung.

Dalam deklarasi itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, deklarasi damai ini sekaligus untuk mengingatkan kepada para calon kades agar siap kalah dan siap menang. Sehingga, mereka nantinya siap untuk menerima segala kemungkinan yang ada.

“(Calon) tidak hanya memikirkan kemenangan saja, paling tidak kalau sudah deklarasi dan membuat pernyataan ternyata dia itu (calon) membikin gaduh, membikin kusruh, urusannya akan langsung dengan pak Kapolres,” kataya.

Selain itu, dengan adanya deklarasi tersebut, para calon dapat menunjukkan jiwa kebesarannya bahwa mereka benar-benar siap untuk kalah dan menang. Apalagi, pada saat mendekati pemilihan biasanya memang terjadi hal-hal yang tidak mengenakkan.

“Pilkades ini adalah sarana untuk memilih pemimpin di tingkat desa. Harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Karena itu, kami juga memberikan pembinaan, bimbingan kepada calon kades seperti saat ini,” imbuhnya.

Setidaknya ada lima poin yang menjadi komitmen bersama dalam deklarasi tersebut. Pertama, sepakat bersama-sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pilkades secara damai, sejuk, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya pilkades secara demokratis yang lebih baik bagi masyarakat.

Kedua, akan mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pilkades serentak gelombang I 2021.

Ketiga, akan melakukan kampanye secara bersih, aman dan damai dengan cara yang santun, tertib dan edukatif serta tidak akan menggunakan cara-cara kekerasan, menghina atu menyerang pihak lain, mengendalikan massa pendukung dan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keempat, bertekad untuk siap menang dan siap kalah dalam pilkades tahun 2021. Kelima, tidak akan memobilisasi massa pendukung untuk pawai yang dapat menganggu ketertiban umum.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...