Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Siapkan Sekolah untuk Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

Pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus (PTM) telah memetakan sejumlah sekolahan dari berbagai tingkatan yang akan menjadi pilot project simulasi pembelajaran tatap muka (PTM). Sejumlah sekolah tersebut dengan prioritas yang berada di zona hijau.

Plt Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada mengatakan, simulasi PTM nantinya akan berlaku bagi sejumlah sekolah yang sudah berada di zona hijau dan telah ditunjuk. Begitu juga siswa yang masuk juga harus berasalkan dari wilayah yang berstatus zona hijau.

“Jadi nanti jika ada siswa yang berada di zona selain hijau, sementara akan tetap daring. Bisa melalui Zoom atau apa nanti akan kami rembuk lagi. Surat pemberitahuan juga akan kami edarkan kepada orang tua siswa,” katanya, Senin (22/3/2021).

Ia merincikan, ada sembilan SD dari masing-masing kecamatan yang akan melakukan simulasi. Seperti SD 2 Garung Kidul, SD nganguk, SD 2 Jetis Kapuan, SD Berugenjang, SD 1 Golantepus, SD 2 Hadipolo, SD 3 Peganjaran, SD 1 Rahtawu, dan SD 8 Kandangmas. Kemudian, ada juga SMP 1 Jekulo, SMA 1 Bae, dan SMK Wisuda Karya.

“Seperti di SMP 1 Jekulo berada di wilayah Hadipolo itu sudah zona hijau. Tapi ada siswa yang dari Hadiwarno, karena Hadiwarno belum hijau jadi nanti masih tetap daring. Hari ini tadi proses vaksinasi semua guru dan tenaga pendidik baik SD, SMA ataupun SMK,” ungkapnya.

Meski demikian, hingga kini pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan simulasi PTM tersebut dimulai. Sebab, masih menunggu hasil dari vaksin dan menunggu izin resmi penyelenggaraan simulasi dari Plt bupati Kudus.

“Kami sudah vidcon sama Dinas Pendidikan Jawa Tengah dan Pak Gubernur, kami sudah kirimkan mana saja yang mau disimulasi. Nanti hasill vaksinasi baik dosis pertama atau dosis kedua juga kami kirimkan ke Pak Bupati. Pelaksanaanya (PTM) kapan tunggu dulu,” ungkapnya.

Baca: Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Jateng Mulai 5 April, Digelar di 140 SMP dan SMA Sederajat

Mulai Selasa (23/3/2021) besok, pihaknya juga akan melakukan pengecekan kembali terkait sarana prasarana protokol kesehatan di setiap sekolahan. Pihaknya juga berharap simulasi PTM nanti berjalan dengan lancar.

“Jadi kalau lancar nanti kan, pas tahun ajaran baru bulan Juli kami harap sudah bisa mulai tatap muka, meski dengan ketentuan dan protokol kesrhatan yang ketat,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...