Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Peringati Hari Air Sedunia, Warga Blora Diajak Gemar Tanam Pohon

Penanaman pohon di kawasan Embung Kedungsambi Blora untuk peringati Hari Air Dunia. (MURIANEWS/Priyo)

MURIANEWS, Blora – Peringatan Hari Air Dunia (HAD) tahun 2021 yang jatuh pada Senin (22/3/2021) diperingati Kabupaten Blora dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon sahabat air di sejumlah lokasi. Salah satunya di kawasan Embung Kedungsambi, Dukuh Wotrangkul, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Blora.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan sumber-sumber air yang ada di Kabupaten Blora.

“Blora yang terkenal kering, sesuai dengan visi misi kita akan kita ubah agar kekeringan bisa dikurangi, salah satunya dengan menanam pohon pohon sahabat air di sekitar sumber air bersih. Seperti di kawasan embung ini, yang memiliki sumber mata air Sendang Wotrangkul,” katanya.

Adapun beberapa contoh pohon yang dinilai efetif membantu pelestarian mata air adalah aren, gayam, kedawung, trembesi, beringin, elo, preh, bulu, benda, kepuh, randu, jambu air, jambu alas, bambu, dan picung.

Gerakan seperti ini, menurut bupati tidak hanya dilakukan di satu lokasi saja. Namun juga akan digerakkan di seluruh wilayah Kabupaten Blora dengan menggandeng stakeholder dan warga.

“Ke depan akan kita ajak Perhutani, Dinas Kehutanan, DLH dan lainnya untuk bersama-sama memetakan potensi sumber air bersih di Kabupaten Blora agar bisa tetap dirawat dan dijaga” Jelasnya.

Bupati juga berpesan agar pohon yang ditanaman ini jangan sampai rusak, mengingat, langkah ini sebagai salah satu upaya jangka panjang kita guna menekan kekeringan di Kabupaten Blora.

“Jadi ada upaya jangka pendek dengan mengirimkan bantuan air bersih, juga ada upaya jangka panjang dengan merawat sumber-sumber air bersih dengan menanam pohon sahabat air. Mungkin hasilnya tidak bisa langsung kita rasakan, namun ini semua untuk anak cucu kita nanti,” tambah Bupati.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...