Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Hari Air Sedunia, CDK 2 Jateng Tanam Pohon di Objek Wisata Tretes Pati

Ketua CDK Pati Puji Harini melakukan penanaman pohon (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebagai upaya untuk tetap menjaga kemurnian air pegunungan, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) 2 Jawa Tengah (Jateng), melakukan penanaman pohon di objek wisata Tretes Desa Tajungsari, Kecamatan Tlogowungu, Senin (22/3/2021). Hal itu sekaligus sebagai upaya dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia.

Kepala CDK2 Jateng Puji Harini mengatakan, penjagaan terhadap kemurnian air pegunungan ini sangat penting, terutama di musim hujan. Untuk menjaga kemurnian itu, salah satunya adalah dengan menjaga pepohonan yang ada. Kalaupun tidak ada, maka harus dilakukan reboisasi.

“Kami lihat memang air di air terjun Tretes ini sangat jernih. Sehingga perlu untuk dijaga. Kami menanam pohon ini, pada saat hujan pepohonan akan menyerap air. Sehingga dapat mengantisipasi terjadinya longsor. Kemudian, pada saat kemarau, air tetap ada yang mengalir,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, menurut prakiraan Badan meteorology, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan akan berakhir pada April mendatang. Sehingga saat ini akan dimaksimalkan untuk melakukan penanaman pohon.

“Ini ada 438 pohon yang kami tanam di Air Terjun tretes ini. Jenisnya ada yang tanaman buah dan ada juga yang menghasilkan estetika,” imbuhnya.

Untuk bibit pohon sendiri, Ia mengaku mendapatkan dari Corporate Sicial esponcibility (CSR) Industri Kayu PT Saniarto Enggal harjo Demak. Sementara dalam pelaksanaanya CDK2 dibantu oleh  pegiat lingkungan dari Aliansi Masyarakat pemerhati Lingkungan (Amphibi) Pati.

“Sebelumnya memang kami melihat ada banyak lahan kososng yang belum tertanami pohon di lereng pegunungan muria ini. Harapannya, dengan adanya penanaman pohon ini dapat mencegah terjadinya longsor, sehingga kondisi Air Terjun Tretes tetap terjaga dan asri,” harap Puji.

Sementara Ketua DPD Amphibi Pati Edi iriawan mengatakan, selain penanaman pohon pihaknya bersama anggota yang melakukan bersih-bersih sungai di sepanjang air Terjun Tretes. Sehingga masyarakat yang berada di bawah, tetap bisa memanfaatkan kejernihan air Tretes ini.

“dalam rangka Hari Air Sedunia ini, tentunya sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kejernihan air. Apalagi di wilayah pegunungan muria ini, sangat banyak sumber mata air yang bisa dimanfaatkan oleh warga. Sehingga, kami bersama dengan instansi yang lain bertekad untuk menjaga kejernihan air itu. Salah satunya adalah dengan bersih-bersih sungai dan melakukan penanaman pohon,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...