Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ganjar Siapkan Rencana Cadangan Vaksinasi Covid Saat Ramadan

Gubernur Ganjar Pranowo disuntik vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa jika vaksinasi tidak membatalkan puasa. Meski demikian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan rencana cadangan agar program vaksinasi Covid-19 berjalan tanpa ada penolakan.

Rencana cadangan itu, yakni menyiapkan program vaksinasi pada malam hari, usai buka puasa maupun salat tarawih.

“Sebenarnya enggak papa (vaksinasi saat puasa), karena MUI memperbolehkan karena itu tidak masuk ke mulut. Jadi disuntik enggak papa. Tapi meski begitu, kita tetap menyiapkan plan B nya,” kata Ganjar.

Ganjar menyebut, jika diperlukan rencana vaksinasi pada malam hari itu bisa langsung digelar di beberapa tempat sekaligus.

“Atau barangkali ada yang disuntik terus ndredeg (gemetar) dan semaput (pingsan), kita siapkan beberapa skenario,” terangnya.

Hingga saat ini proses vaksinasi Covid-19 di Jatengmenurutnya telah berjalan aman. Ganjar juga memastikan, selama jatah vaksin yang diberikan aman, maka proses penyuntikan di Jateng tak akan menemui kendala berarti.

Ganjar menyebutkan, pemerintah pusat berencana dropping vaksin dalam jumlah besar pada kisaran Mei-Juli 2021 nanti. Saat itulah lanjut dia, program vaksinasi dapat digenjot.

“Nanti kita gaspol, tentu prioritas saat ini adalah lansia, pelayan publik termasuk guru karena program pembelajaran tatap muka segera digelar. Saya minta guru harus diprioritaskan mendapat vaksinasi,” pungkas Ganjar.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...