Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sebelas Penghargaan Diraih Grobogan Selama Masa Pandemi

 

Bupati Grobogan Sri Sumarni (kanan) menerima penghargaan IGA 2020. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Pemkab Grobogan berhasil meraih cukup banyak penghargaan selama pandemi tahun 2020 lalu. Penghargaan yang diraih ini ada yang tingkat provinsi, nasional hingga dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Tahun 2020 lalu banyak penghargaan yang kita raih pada masa pandemi. Totalnya ada sebelas penghargaan,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Sri Sumarni, penghargaan itu antara lain berasal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019. Kemudian, penghargaan nasional kategori Capaian Kinerja Sangat Tinggi atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019.

Berikutnya, penghargaan nasional Kemenpan RB kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), penghargaan nasional sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia, penghargaan nasional Smart City Tahun 2020, penghargaan nasional Pencapaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3.

Selanjutnya, penghargaan nasional Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3, penghargaan nasional kategori Kepala Desa Terbaik atas nama Kades Klitikan Kecamatan Kedungjati dalam pencapaian Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tingkat Nasional.

Selain itu, masih ada penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Sistem Resi Gudang dari Kemenpan RB Tahun 2020 dan penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 untuk kategori Kabupaten sangat Inovatif dari Kemendagri.

“Kemudian, ada penghargaan dari MURI. Yakni, untuk rekor pemrakarsa dan penyelenggara pembagian Kartu Identitas Anak terbanyak,” cetusnya.

Sri menegaskan, banyaknya prestasi itu dinilai sangat membanggakan. Meski demikian, ia meminta agar prestasi yang sudah diraih itu tidak membuat semua pihak puas diri.

“Tantangan kedepan bakal semakin berat. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja keras dari semua pihak agar prestasi yang diraih Kabupaten Grobogan selama ini, bisa meningkat lagi,” pungkas perempuan yang masa jabatannya sebagai Bupati Grobogan periode 2016-2021 akan berakhir Minggu (21/3/2021) besok tersebut.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...