Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Retribusi Pasar Kliwon Kudus Tahun Ini Ditarget Rp 2,4 Miliar, Sudah Terkumpul Rp 400 Juta

Pengunjung keluar dari Pasar Kliwon Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Retribusi Pasar Kliwon Kudus tahun ini ditarget Rp 2,4 Miliar. Target itu lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya Rp 2 Miliar. Pihak Pasar Kliwon andalkan tiga sektor retribusi untuk mengejar target tahun ini.

Ketiga sektor retribusi yang akan dioptimalkan untuk mengejar target itu terdiri dari retribusi sampah, retribusi pelayanan pasar, dan retribusi barang yang ditinggal.

Koordinator Pasar Kliwon Kudus Sugito mengaku optimistis mengejar target retribusi Pasar Kliwon sejumlah Rp 2,4 miliar tahun ini. Sebab menurut dia perekonomian mulai berangsur pulih.

“Karena saat ini sedikit demi sedikit perekonomian mulai merangkak naik. Kami juga berupaya mengejar lewat tiga sektor retribusi,” katanya, Sabtu (20/3/2021).

Saat ini, retribusi yang sudah dikumpulkan per Februari 2021 sudah ada Rp 400 juta. Sugito tetap optimis untuk mengejar sisa Rp 2 miliar hingga akhir tahun ini.

Seperti yang diketahui, retribusi Pasar Kliwon tahun 2020 lalu ada Rp 2 miliar. Saat itu juga ada keringanan retribusi selama tiga bulan pada April, Mei, dan Juni tahun lalu. Hal itu lantaran pandemi Covid-19 memberi dampak bagi sepinya pendapatan pedagang pasar.

Sugito menambahkan, sampai menjelang Ramadan, besaran retribusi pasar yang ditarik dari pedagang tetap sama. Yakni Rp 200 per meter persegi untuk kios pasar per harinya. Sedangkan untuk los ditarik Rp 150 rupiah per meter persegi per harinya.

Diketahui, Pasar Kliwon saat ini memiliki 535 kios, 35 ruko, dan 2100 los. Sedangkan untuk luas Pasar Kliwon 27.281 meter persegi.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...