Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ribuan Sudah Disuntik, Dua Nakes di Kudus Sempat Positif Covid-19 Usai Vaksin

Vaksin Sinovac. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kudus yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama hingga pekan ini sebanyak 6.427 orang, dan 5.811 nakes telah disuntik dosis kedua. Dari jumlah ini, ada dua nakes yang positif Covid-19 usai menjalani vaksinasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kudus dr Andini Aridewi, Sabtu (20/3/2021) mengatakan, pihaknya meyakini, dua nakes tersebut sudah terpapar corona sebelum divaksin.

“Karena mereka juga merupakan orang tanpa gejala (OTG), saat ini sudah sembuh dan belum ada laporan kembali,” katanya.

Sementara untuk nakes yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), disebutnya juga ada. Namun hanya sekedar KIPI ringan saja.

Ia mengatakan, target awal vaksinasi untuk nakes di Kudus sebanyak 5.502 orang. Dengan realisasi saat ini, jumlah nakes yang divaksin telah melebih target. “Kami sudah melebihi (target). Jika dipersentase adalah sebesar 116,8 persen,” ujarnya.

Andini menambahkan, walau realisasi vaksinasi pada nakes di Kudus telah melampaui target, masih ada tenaga kesehatan yang belum masuk ke Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK).

“Karena ada sejumlah persyaratan yang wajib, jadi belum semua nakes masuk ke sana, inilah yang menyebabkan vaksinasi pada nakes bisa terus bertambah,” ungkap Andini.

Hingga saat ini, cakupan vaksinasi kumulatif di Kabupaten Kudus pada dosis pertama mencapai 21.173 orang. Dari target sasaran sebanyak 127.063 orang. Sementara untuk suntikan kedua mencapai 9.858 orang.

Untuk targetnya sendiri, meliputi tenaga kesehatan sebanyak 5.502 orang, pelayan publik sebanyak 52.660 orang, dan lansia sebanyak 68.901 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...