Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bukit Sepuser Kudus Suguhkan Pemandangan Perkotaan dari Atas Muria, Cocok untuk Kamping

Wisata Bukit Sepuser yang cocok untuk kamping dan mendirikan tenda. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus menjadi salah satu desa yang memiliki banyak tujuan destinasi wisata. Tak hanya wisata religi Sunan Muria, di sana juga banyak menyuguhkan wisata alam yang bisa memanjakan pengunjung.

Salah satunya ada wisata yang masih bisa terbilang baru yakni Bukit Sepuser. Meski belum resmi dibuka, sejumlah pengunjung sudah mulai banyak berdatangan.

Di Bukit Sepuser, pengunjung bisa menikmati pemandangan perkotaan dari atas ketinggian Gunung Muria, berfoto di spot-spot gardu pandang. Pengunjung juga bisa kamping dan bermalam dengan mendirikan tenda bersama keluarga ataupun teman.

Terlebih, saat malam hari dengan kabut yang mulai menyelimuti udara dan dinginnya udara malam di pegunungan membuat suasana semakin asyik.

Wisata Bukit Sepuser yang cocok untuk kamping dan mendirikan tenda. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Pengelola Bukit Puteran Much Rindo menyebut, Bukit Sepuser baru akan di-launching bebarengan saat hari libur Lebaran mendatang. Meski demikian, saat akhir pekan banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekadar berfoto bahkan bermalam dirikan tenda.

“Ya lumayan, weekend Sabtu-Minggu itu bisa 20 sampai 50 pengunjung,” katanya Jumat (19/3/2021).

Di lahan seluas 3000 meterpersegi itu, pihaknya menyediakan sejumlah fasilitas mulai dari gardu pandang, meja dan tempat duduk untuk bersantai, aula pertemuan, tempat parkir,toilet hingga musala. Rumah pohon, hingga permainan untuk anak-anak pun kini mulai persiapkan.

“Lahan ini milik keluarga PR Sukun, sistemnya kami kerja sama. Tujuan kami juga untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar, yang bisa membuat warung-warung atau kedai kopi,” ucapnya.

Selain wisata alam, di Bukit Sepuser juga terdapat wisata religi yakni terdapat petilasan dari Mbah Ronggo Kusumo yang biasa disebut dengan Mbah Sepuser.

“Jadi nama Bukit Sepuser juga tidak sembarangan, kami ambil karena di sini ada petilasan peninggalan dari Mbah Sepuser. Ada juga beberapa orang yang kesini itu tujuanya ke petilasan Mbah Sepuser, kebanyakan dari Solo,” ungkapnya.

Pihaknya juga sudah mempersiapkan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Pengunjung yang hanya masuk berfoto dan menikmati pemandangan dikenakan tiket Rp 5 ribu.

“Kalau bermalam mendirikan tenda itu Rp 7 ribu. Dan jika ada yang membuat kegiatan ramai – ramai itu Rp 10 ribu,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...