Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Calon Jemaah Haji Lansia di Grobogan Mulai Divaksin Covid-19

Calon jemaah haji di Grobogan mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Calon jemaah haji secara bertahap mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19. Untuk tahap awal, pelaksanaan vaksinasi diperuntukkan bagi jemaah yang masuk kategori lanjut usia (lansia).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Grobogan Abdur Rouf mengatakan, mereka yang mendapatkan vaksinasi ini adalah calon haji tahun 2020 tetapi tertunda keberangkatannya karena ada pandemi Covid-19. Jumlahnyanya keseluruhan ada 1.078 orang.

Dari jumlah sebanyak itu, tidak divaksin semuanya. Untuk tahap awal, diprioritaskan bagi jemaah yang usianya diatas 60 tahun atau lansia.

“Jumlah calon haji lansia ini sekitar 437 yang tersebar di 19 kecamatan. Mereka inilah yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap awal,” katanya Jumat (19/3/20219.

Untuk pelaksanaan vaksinasinya ditempatkan di puskesmas yang ada di tiap-tiap kecamatan.

Rouf menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk calon haji lansia itu dilakukan menindaklanjuti surat dari Kementerian Kesehatan Nomor: HJ.02.02/1/494/2021 perihal vaksinasi Covid-19 pada jemaah haji lansia.

Dalam surat itu disebutkan, dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan haji tahun 2021 perlu dilakukan vaksinasi terhadap jemaah haji yang memiliki usia diatas 60 tahun.

“Jadi, sebagai antisipasi pelaksanaan ibadah haji, para jemaah perlu mendapatkan vaksinasi dulu. Sedangkan terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini, kita masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...