Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bukan Lanang, Ini Nama Baru Aprilia Manganan Saat Sidang Perubahan Nama-Gender Hari Ini

Aprilia Manganang saat masih menjadi pemain voli Indonesia. (Instagram /@apriliamanganang_)

MURIANEWS, Jakarta – Sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelami Aprilia Manganang digelar Jumat (19/3/2021) ini secara virtual di PN Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. Aprilia Manganang yang telah berpangkat sersan dua (serda) tampil berseragam prajurit pria.

Dikutip dari Detik.com mengikuti sidang di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat. Manganang hadir didamping Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, dan istri. Tak cuma itu, tampak pula perwakilan dari Mahkamah Agung.

Penampilan Manganang berbaju dinas prajurit pria TNI AD menarik perhatian. Beberapa kali ia melempar senyum dan menyapa awak media. Manganang dan keluarga besarnya permohonan status jenis kelamin laki-laki dikabulkan.

Serda Aprilia Manganang sempat dikenal sebagai atlet bola voli wanita. Ia sebelumnya disebut mengidap hipospadia atau kelainan organ reproduksi ketika dilahirkan.

Baca: Dapat Nama dari Istri KSAD, Aprilia Manganang Kini Bernama Lanang

Dengan bantuan KSAD, Manganang akhirnya menjalani corrective surgery untuk perubahan jenis kelamin dari perempuan menjadi pria. Operasi yang dilakukan di RSPAD Gatot Subroto itu berjalan lancar.

Kini, jenis kelamin Manganang telah resmi dinyatakan sebagai pria. TNI AD memastikan akan mengevaluasi dan memberikan tugas yang sesuai untuk pria bernama lengkap Aprilia Santini Manganang itu yang akan segera berganti.

Dalam sidang itu, pihak yang diberi kuasa membacakan alasan-alasan dan permohonan kepada hakim mengenai pergantian nama dan status jenis kelamin. Dalam sidang, Manganang tidak mengajukan nama ‘Lanang’, namun mengajukan nama Aprilio Perkasa Manganang.

“Mengabulkan untuk mengganti yang semula yang berstatus jenis kelamin perempuan menjadi jenis laki-laki. Mengabulkan untuk mengganti nama dari semula Aprilia Santi Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang,” ujar perwakilan pemohon.

Baca: Terbukti Laki-Laki, Aprilia Manganang Akan Urus Data Kependudukan Lewat Pengadilan, Termasuk Nama

Sebelumnya, Manganang diberi nama ‘Lanang’. Nama itu diberikan langsung oleh istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa. Apa alasan Hetty memberikan nama Lanang untuk Manganang?

Hetty menjelaskan alasan ia memberikan nama Lanang untuk Manganang. Hesty mengatakan bahwa ‘Lanang’ dalam bahasa Jawa berarti lelaki. Dia berharap nama itu bisa menjadi doa agar Manganang menjadi lelaki sejati.

“Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini Manganang jadi lelaki sejati,” ujar Hetty di kanal YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021).

“Siap, Bu,” jawab Manganang tegas.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com, Solopos.com

Comments
Loading...