Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Calon Kades Hanya Satu, Warga Margorejo Pati Gelar Aksi Minta Pilkades Tetap Digelar

Warga Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati melakukan aksi damai menuntut Pilkades tetap digelar meski hanya satu bakal calon kades. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Puluhan warga Desa Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati menggelar aksi damai di depan balai desa setempat, Kamis (18/3/2021). Mereka menuntut agar penyelenggaraan pemilihan kepada desa (Pilkades) tetap dilakukan, meskipun hanya ada satu calon.

Perwakilan warga Suwarno mengatakan, pada saat pendaftaran memang ada dua orang yang mendaftarkan diri. Namun, pada Senin (15/3/2021) kemarin, salah satu di antaranya ada yang mengundurkan diri.

“Sebelum ditetapkan sebagai calon, ternyata ada salah satu bakal calon yang mengundurkan diri. Sehingga hanya ada satu orang yang mencalonkan diri,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya tetap meminta agar pilkades tetap dilaksanakan. Warga juga tidak menginginkan adanya pejabat (Pj) atau pun pelaksana tugas (Plt). Lantaran, mereka menginginkan adanya kades difinitif.

“Di sini warga meminta penyelenggaraan pilkades tetap berlanjut. Yang kami butuhkan pilkades dan ada kades definitifnya,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Camat Wedarijaksa Haryanto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan negosiasi dengan pihak yang mengundurkan diri. Tapi kalau menurut regulasi, kalau calon hanya satu tetap tidak bisa dilakukan.

“Waktunya masih ada. Kami negosiasi dulu, kalau calon yang mengundurkan diri mencabut surat pengunduran dirinya, tentu pilkades masih bisa dilakukan,” terangnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...