Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

BPSMP Sangiran Temukan Peralatan Manusia Purba di Banjarejo Grobogan

Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menerima kedatangan Tim BPSMP Sangiran. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Sejumlah peralatan yang diyakini digunakan oleh manusia purba berhasil ditemukan tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran saat melakukan penelitian di Desa Banjarejo, Grobogan.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penelitian BPSMP Sangiran Wahyu Widianta saat bertemu dengan Bupati Grobogan Sri Sumarni, Rabu (17/3/2021). Kepala Disporabudpar Grobogan Ngadino dan Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik ikut mendampingi dalam kesempatan itu.

Wahyu menjelaskan, kegiatan penelitian tim dari BPSMP Sangiran itu sudah dilangsungkan sejak Senin (9/3/2021) lalu. Penelitian yang dilakukan ini merupakan lanjutan kegiatan serupa yang sudah dilakukan dari tahun 2016 hingga 2020 lalu.

Masih dikatakan Wahyu, ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama 12 hari berada di Banjarejo. Antara lain, melakukan ekskavasi di tiga titik untuk meneliti batas lapisan tanah.

“Untuk lokasi ekskavasi rencanya ditempatkan di Dusun Kuwojo, Dusun Ngrunut dan satu titik lagi di pinggiran Sungai Lusi di utara Desa Banjarejo,” jelasnya.

Berikutnya, melakukan penelitian di 12 perbukitan dan satu pinggiran sungai yang selama ini sudah menjadi lokasi penemuan fosil purbakala. Satu agenda lagi adalah mengumpulkan data persepsi dari masyarakat, khususnya pemilik lahan yang jadi lokasi penemuan fosil purbakala.

Dari kegiatan yang sudah dilakukan, lanjut Wahyu, pihaknya berhasil menemukan sejumlah peralatan dari tulang yang diyakini milik manusia purba.

Ada sekitar 10 peralatan yang sudah ditemukan sejauh ini. Diperkirakan peralatan tersebut digunakan oleh manusia purba jenis homo sapiens pada puluhan ribu tahun lalu.

“Selain itu, ada sejumlah fosil hewan purba yang juga kita temukan. Kemudian, tim juga berhasil menemukan kubur budho,” kata Wahyu.

Adanya kubur budho ini menurut dia, membuktikan terdapat kehidupan masyarakat pendukung tradisi megalitik di Desa Banjarejo pada masa lalu.

“Jadi, potensi yang ada di Desa Banjarejo ini memang luar biasa dan kami berharap selalu mendapat dukungan dari Pemkab Grobogan,” cetus Wahyu.

Baca: Kubur Budho Jadi Bukti Jejak Peradaban Megalitik di Banjarejo Grobogan

Setelah mendengar penjelasan tersebut, Bupati Sri Sumarni terlihat sangat senang. Sebab, potensi purbakala yang tersimpan di Banjarejo ternyata cukup lengkap.

“Pemkab Grobogan akan selalu mendukung kegiatan penelitian untuk mengungkap potensi purbakala maupun cagar budaya di Desa Banjarejo. Kami berharap, dari BPSMP Sangiran supaya terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Saya berharap agar nantinya bisa segera ditemukan fosil manusia purba di Banjarejo,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...