Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masih Pandemi, Pemkab Kudus Belum Bolehkan Tradisi Dandangan Jelang Ramadan

Salah satu lapak di Dandangan tahun 2019 lalu.  (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kudus untuk sementara waktu memutuskan meniadakan tradisi Dandangan menjelang Ramadhan di tahun 2021 ini. Alasannya, adalah karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Untuk sementara dari hasil evaluasinya kemarin kelihatannya tidak bisa,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo, Rabu (17/3/2021).

Hartopo mengaku belum berani untuk memutuskan terkait hal tersebut. Selain karena masih di masa pandemi, pembatasan pengunjung Dandangan juga jadi permasalahan.

“Kalau pedagang bisalah kami atur, tapi kalau pengunjung kan akan susah mengaturnya,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya masih akan mencoba untuk berkonsultasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah untuk memastikan bisa digelar atau tidaknya tradisi tahunan tersebut.

“Kami evaluasi lagi nanti bagaimana. Tapi untuk saat ini, kami belum memperbolehkan Dandangan,” tandas Hartopo.

Sementara untuk kasus corona di Kabupaten Kudus kini berada di angka 5.654 kasus. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 5.009 pasien yang sembuh.

Sedangkan untuk pasien aktif, kini tersisa sebanyak 133 pasien. Serta pasien meninggal kini berjumlah 512 kasus.

Selain itu, Kabupaten Kudus juga masih memiliki 5144 kontak erat masih dipantau, 29 suspek, dan 79 probable. Dari 29 suspek dalam wilayah sebayak 26 dirawat dan 3 isolasi mandiri. Untuk 79 kasus probable, semuanya meninggal dunia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...